Lancang Kuning Aplikasi Terbaru Penanganan Karhutla, Siap Permudah Deteksi Dini Karhutla

188

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang bersama Forkopimda melaksanakan Apel Gelar Kesiapan Personil, Peralatan dan Simulasi Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) bertempat di Lapangan Upacara belakang Kantor Bupati, Rabu (10/03/2021).

Apel ini diinisiasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten aceh Tamiang bekerjasama dengan berbagai unsur seperti TNI,Polri dan Satgas Tanggap Bancana lainnya dalam Penanganan Karhutla di wilayah Kabupaten Aceh Tamiang agar berjalan optimal.

Apel gelar pasukan tersebut dipimpin langsung oleh Dandim 0117/Atam Letkol. CPN. Yusuf Adi Puruhita bertindak sebagai Inspektur Upacara. Membacakan amanat dari Bupati Aceh Tamiang H. Mursil, SH, M. Kn, Dandim menyampaikan pelaksanaan Apel ini adalah kesempatan bagi seluruh elemen, melayani masyarakat secara nyata dengan menunjukkan kesiapsiagaan dan keseriusan dalam menangani Karhutla dengan melibatkan seluruh pihak baik Pemerintah maupun Swasta dan masyarakat.

Menyikapi permasalahan Karhutla, Dandim ungkapkan bahwa Pemerintah Daerah bersama TNI dan Polri telah melakukan berbagai upaya dalam memudahkan penanganan Karhutla secara cepat dan tepat dengan menggunakan sistem aplikasi terbaru yang dinamai dengan LANCANG KUNING/ SIPONGI-KLHK.

“Aplikasi ini digunakan untuk mendekteksi titik api di daerah masing-masing, sehingga cepat dan mudah untuk melakukan penanganan, baik sosialisasi, himbauan, pemadaman dan penegakan hukum,” ungkap Dandim membacakan amanat Bupati.

Pentingnya menjaga kelestarian hutan, Dandim sebutkan perlunya memberdayakan seluruh stakeholder terkait agar dapat mengambil langkah-langkah komprehensif dalam menyelesaikan permasalahan penanganan Karhutla.

“Diperlukan koordinasi bersama antar Instansi Pemerintah, TNI dan Polri, Pihak Perusahaan dan masyarakat agar bertanggungjawab dalam membina dan menanggulangu Karhutla, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas,”, sambung Dandim.

Usai membacakan amanat Bupati Mursil, acara dilanjutkan dengan simulasi penanganan Karhutla yang disaksikan oleh tamu undangan dan seluruh peserta apel yang diikuti oleh unsur TNI, Polri, Satpol PP dan WH, Damkar, RAPI dan Unsur Pelajar. Selain Forkopimda, hadir juga dalam Apel tersebut Sekretaris Daerah, Para Asisten di Lingkungan Setdakab, Para Kepala SKPK, para Camat dan lainnya. (ABS)