Kunjungi Pemko Medan, Kabupaten Aceh Jaya Belajar Kelembagaan dan Tata Laksana Organisasi Pemerintahan

46

MEDAN ketikberita.com | Pemko Medan menerima kunjungan kerja Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh, di Kantor Wali Kota Medan, Kamis (20/10). Selain bersilaturahmi, kunker ini juga untuk mempelajari tata kelola pemerintahan yang telah diterapkan Pemko Medan guna mewujudkan reformasi birokrasi di Kabupaten Aceh Jaya.

Kehadiran rombongan Kabupaten Aceh Jaya yang dipimpin Cut Kasmawati selalu Staf ahli pemerintah hukum dan politik ini diterima Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Asisten Umum Renward Parapat didampingi Kabag Tata Laksana Pemerintahan, Gelora KP Ginting.

Dalam sambutannya Asisten Umum Renward Parapat menjelaskan Pemko Medan dibawah kepemimpinan Wali Kota Medan saat ini tengah mewujudkan reformasi birokrasi. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengusulkan Ranperdan tentang perubahan Perda Nomor 15 Tahun 2016 tentang pembentukan Perangkat Daerah Kota Medan yang saat ini dalam proses Paripurna di DPRD Medan.

“Pak Wali Kota Medan Bobby Nasution saat ini berkomitmen untuk mewujudkan reformasi birokrasi yakni dengan penataan organisasi. artinya dalam rangka melaksanakan tata kelelola pemerintahan (Good Governance) diperlukan perangkat daerah yang responsive dan mampu menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat,” Jelasnya.

Menurut Renward, birokrasi yang berhasil, berwibawa dan efektif adalah modal utama dalam melaksanakan pelayanan publik dan pembangunan secara berkelanjutan. Penataan organisasi perangkat daerah (OPD)merupakan tahap awal dalam proses reformasi birokrasi di daerah. “Melalui penataan kelembagaan organisasi Pemda, Pemko Medan berharap dapar tercipta suatu tatanan kerja yang lebih teratur, tidak lagi tumpang tindih dalam soal pembagian tugas dan fungsi perangkat daerah,” Sebutnya.

Renward menambahkan dimasa kepemimpinan Wali Kota Medan saat ini Pemko Medan juga mengalihkan kewenangan kebersihan dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan kepada Kecamatan. Ini dinilai lebih efektif untuk penanganan kebersihan di lingkungan karena Kecamatan yang lebih mengenal wilayahnya.

“Kami sangat berterima kasih atas kunjungan Kabupaten Aceh Jaya ke Kota Medan. Tentunya kunjungan ini dapat menjadi sarana kita untuk saling bertukar informasi dan bermanfaat bagi kedua daerah,” Ujar Renward sembari mengucapkan selamat datang ke Kota Medan.

Sementara itu Pimpinan rombongan Kabupaten Aceh Jaya, Cut Kasmawati selaku Staf ahli pemerintah hukum dan politik, mengungkapkan kehadiran jajaran Pemkab Aceh Jaya ini untuk belajar dan mengetahui bagaimana tata kelola pemerintahan yang telah dijalankan Pemko Medan saat ini.

“Kehadiran kami disini untuk saling bertukar pengetahuan dan mendapatkan informasi terkait dengan tata kelola pemerintahan. Kami menilai Pemko Medan lebih maju selangkah dari Kabupaten Aceh Jaya. Tentunya apa yang didapat dari pertemuan ini akan kami terapkan di Kabupaten Aceh Jaya,” Sebutnya. (er)