KUA Huragi Menggelar Kegiatan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Serba Guna dan Layanan Haji

52

PADANG LAWAS (Sumut) ketikberita.com | Untuk meningkatkan pelayanan Ibadah Haji Kantor Urusan Agama (KUA) di Kecamatan Hutaraja Tinggi (Huragi) Kabupaten Padang Lawas (Palas) menggelar kegiatan Peletakan Batu pertama pembangunan Gedung Serba Guna dan Layanan Haji.

Berdasarkan informasi yang di himpun media di lapangan pembangunan gedung serba guna dan layanan haji tersebut menggunakan biaya swakelola masyarakat.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pembacaan ayat suci Al-Quran dilanjutkan dengan pembacaan doa yang disambung arahan dari Kepala KUA Kecamatan Huragi Johan hasibuan selaku ketua panitia yang dilanjutkan arahan oleh Kakan Kemenag Kabupaten Palas H. Abdul Manan MA disambung dengan tausiah dengan kegiatan terakhir acara Lelang Amal.

Dalam arahannya Kepala KUA Kecamatan Huragi Kabupaten Palas Johan Hasibuan selaku ketua panitia menjelaskan luas areal yang akan dibangun untuk Gedung Serba Guna dan Layanan Haji dengan rincian biaya yang dibutuhkan.

“Ukuran bangunan Gedung Serba Guna yang akan dibangun dengan luas ukuran 10x20M ditambah tinggi 7 M dengan biaya yang diperlukan sekitar 375 juta Rupiah”,ucapnya.
Pada kesempatan ini Kepala KUA Kecamatan Huragi Kabupaten Palas Johan Hasibuan mengemukakan harapan kedepan jika bagunan serba guna ini telah siap.

“Insaallah jika bangunan ini selesai diharapkan kedepannya bisa membantu masyarakat terkait tempat kegiatan yang memadai seperti tempat manasik Haji, bimbingan perkawinan dan kegiatan keagamaan lainnya kemudian gedung serbaguna ini pun direncanakan memiliki dua fasilitas olah raga Bulutangkis dan Tenis meja, oleh karena itu pada kesempatan ini kami memohon untuk perhatiannya segala bentuk bantuan materi maupun non materi saat ini sangat kami perlukan demi peningkatan layanan haji di Kecamatan Huragi”, ucap Kepala KUA Huragi Johan Hasibuan.

Menurut pantauan media di lapangan antusias masyarakat dalam kegiatan lelang amal tesebut cukup tinggi terlihat banyak masyarakat yang memberikan donasi bantuan tunai dari sekitaran 200 ribu sampai 10 juta bahkan ada juga yang memberikan 50 sak semen.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan peletakan batu pertama Gedung Serba Guna dan layanan haji yang dilakukan bersama – sama oleh tokoh masyarakat beserta unsur pemerintahan desa dan pemerintahan Kabupaten Padang Lawas. (Rh)