Kota Medan Raih UHC Award, Bukti Keseriusan Bobby Nasution Tingkatkan Pelayanan Kesehatan

163

JAKARTA ketikberita.com | Pemko Medan menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award. Penghargaan ini diberikan karena Kota Medan di bawah kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution berhasil mencapai jumlah kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melebihi 95 persen dari jumlah penduduk. Dengan demikian masyarakat telah mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang komprehensif dan bermutu tanpa hambatan finansial.

Berdasarkan dari data Dashboard Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) per-1 Maret 2023, capaian UHC Kota Medan sebesar 2.434.358 jiwa atau 96,33 persen dari total jumlah penduduk Kota Medan sebesar 2.527.050 jiwa. Ada pun perinciannya, 666.100 jiwa berasal dari Penerima Bantuan Iuran (PBI) melalui pendanaan APBN, 537.078 jiwa berasal dari PBI melalui pendanaan APBD.

Kemudian, 702.010 jiwa berasal dari Pekerja Penerima Upah (PPU), 458.457 jiwa berasal dari Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU/Pekerja Informal) dan 70.713 jiwa berasal dari Bukan Pekerja (BP) yang terdiri dari investor, pemberi kerja, veteran, perintis kemerdekaan dan pensiunan.

Selain Kota Medan, ada 81 kota di Indonesia yang juga mendapatkan Penghargaan UHC yang diberikan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia tersebut. Sedangkan untuk kota di Provinsi Sumut, selain Kota Medan, ada 4 kota lainnya seperti Kota Gunung Sitoli, Sibolga, Tebing Tinggi dan Tanjung Balai juga mendapatkan penghargaan yang sama.

Penghargaan yang diserahkan Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia Prof Dr Muhadjir Effendy MAP bersama Menteri Dalam Negeri Jendral Polisi (Purn) Prof Drs H Muhammad Tito Karnavian MA PhD dan Dirut BPJS Kesehatan Prof dr Ali Ghufron Mukti MSc PhD diterima langsung Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Wakil Wali Kota H Aulia Rachman di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3). Melalui ini, Pemko Medan semakin termotivasi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya di bidang kesehatan.

Aulia Rachman menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diterima Pemko Medan. Dikatakannya, diterimanya UHC Award menjadi bukti keseriusan Wali Kota Medan Bobby Nasution untuk mewujudkan visi misi sekaligus komitmen dalam merealisasikan program prioritas, salah satunya peningkatan pelayanan kesehatan.

“Untuk itu, mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar apa yang menjadi program dan visi misi Pak Wali Kota bisa berjalan lancar untuk membawa perubahan bagi Kota Medan menjadi lebih baik lagi ke depannya menuju Medan berkah, maju dan kondusif,” harap Aulia Rahman.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI KH Ma’aruf Amin dalam arahannya menyampaikan jika sebagai salah satu program strategis nasional sejak 2014, JKN telah menjadi tonggak revolusioner dalam penataan layanan kesehatan masyarakat di Indonesia. “Di mana, Indonesia menjadi salah satu negara dengan cakupan kepesertaan jaminan kesehatan yang besar, sehingga hampir seluruh penduduk mendapat perlindungan kesehatan yang memadai,” ujar Wakil Presiden. (er)

Artikulli paraprakSekretariat Rumah Aspirasi Partai Nasdem Adakan Bazar Sembako
Artikulli tjetërPemkab Nias Terima Penghargaan Universal Health Coverage Awards dari BPJS