KONI Kota Tangerang Siap Jaring Bakal Calon Ketua Baru

180

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tangerang bersiap melakukan penjaringan bakal calon Ketua KONI Kota Tangerang periode 2023-2027.

Penjaringan tersebut dilakukan untuk membuka pendaftaran bagi calon ketua baru KONI Kota Tangerang, menyusul habisnya kepengurusan KONI Kota Tangerang periode 2019-2023 yang diketuai Hadi Rusman.

Warta Ginting, Ketua Panitia Penjaringan Bakal Calon Ketua KONI Kota Tangerang, mengatakan tim panitia ini terbentuk dan bekerja berdasarkan hasil Rapat Kerja KONI Kota Tangerang pada Desember 2022.

Dia juga menjelaskan Ketua KONI Kota Tangerang Hadi Rusman sebenarnya masa jabatannya akan akan habis pada Desember 2023. Namun KONI memilih mempercepat prosesnya.

“Kami percepat agar proses hibah di 2023 bisa terlaksana oleh ketua yang baru,” ujarnya kepada wartawan saat konferensi pers di Aula Sekretariat KONI Kota Tangerang di Gedung Graha 293, Kamis (26/1/2023).

Usai proses penjaringan ini, berlanjut ke prosesi pemilihan ketua baru dari induk organisasi olahraga di Kota Tangerang itu, yang akan berlangsung pada Musyawarah Olahraga KONI Kota Tangerang (Musorkot) pada 4 Maret 2023 di Ruang Akhlakul Karimah, Gedung Puspem Kota Tangerang.

Ditambahkan Arsani Maidi, Sekretaris Panitia Penjaringan Bakal Calon Ketua KONI Kota Tangerang, bahwa ada beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk mendaftar menjadi bakal calon di antaranya memiliki surat dukungan minimal dari 20 anggota KONI Kota Tangerang yaitu sejumlah pengurus cabang olahraga (cabor).

“Kemudian memiliki pengalaman pengurus cabor, berdomisili di Kota Tangerang, serta sejumlah persyaratan administrasi lainnya seperti KTP, surat keterangan sehat, dll,” tambahnya.

Adapun tahapannya antara lain pengambilan formulir mulai 1-5 Februari 2023, pengembalian formulir 6-10 Februari 2023, verifikasi berkas 11-13 Februari 2023, waktu perbaikan berkas 14-20 Februari 2023, pengumuman bakal calon 21 Februari 2023.

Jika tidak ada yang mendaftar, tahapan akan diperpanjang ke tahap dua mulai 22 Februari-2 Maret 2023. “Bakal calon ketua hasil penjaringan akan dibawa ke Musorkot dan akan dilakukan pemilihan pada saat itu,” ungkap Arsani.

Diinformasikan KONI Kota Tangerang memiliki jumlah anggota sebanyak 56 cabor, namun yang memiliki hak suara hanya 54 cabor saja. Dua cabor yang kehilangan hak suaranya adalah cabor tenis lapangan dan cabor sepeda, karena problem adminsitrasi kepengurusan masing-masing cabor tersebut. (Mir)