Komisi II DPRD Dorong Pemkot Tangerang Fasilitasi Musisi Lokal

303

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Komisi II DPRD Kota Tangerang mendorong Pemkot Tangerang untuk memfasilitasi para seniman musik atau musisi lokal yang ada di Kota Tangerang agar bisa berkembang.

Salah satunya yakni dengan menyiapkan wadah dan fasilitas bagi para seniman musik atau musisi untuk menyalurkan bakat dan karya-karya mereka.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Tangerang, Riyanto, Selasa (11/10/2022), mengatakan selama ini para musisi lokal berjuang sendiri dalam berkarya tanpa adanya wadah dan fasilitas yang memadai untuk mengembangkan bakat mereka.

Selama ini musisi lokal jalan sendiri-sendiri, tanpa ada yang memfasilitasi seperti misalnya dengan membuat wadah dan menyiapkan fasilitas bagi para musisi agar bisa berkembang.

Menurut politisi PPP tersebut, Pemkot Tangerang seyogyanya bisa melihat potensi dari bidang seni musik. Terlebih, Kota Tangerang sendiri tak kekurangan akan talenta seniman musik.

“Karena tidak adanya ruang atau wadah, sehingga mereka ini seperti liar, jalan sendiri-sendiri tanpa ada yang mengarahkan. Padahal dari musik ini kan juga bisa membawa harum nama daerah. Karena musik ini kan menghibur ya,” ucapnya.

Lebih jauh Riyanto mencontohkan, wadah dimaksud misalnya dengan disediakannya rumah atau panggung musik. Di situ, lanjutnya, selain sebagai ajang pentas para seniman musik, juga bisa dijadikan sebagai rumah untuk saling bertukar fikiran dalam mengembangkan industri musik lokal.

“Tentunya ini ada sisi positifnya, karena juga salah satu upaya meminimalisasi potensi kegiatan-kegiatan yang cenderung negatif di kalangan anak muda,” imbuhnya.

Selain itu, dalam upaya membangun industri musik lokal, Pemkot dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bisa menggelar even musik atau ajang pencarian bakat yang dilakukan secara rutin.

“Misalnya dengan even atau festival musik yang rutin digelar, itu juga bisa menjadi wadah mereka untuk menyalurkan bakat seninya. Selain itu juga bisa merangsang semangat para pemuda untuk mengasah kemampuan mereka di bidang musik,” imbuhnya. (Mir)