Komda UKM Aceh Tamiang Dilantik, Wabup Inginkan Cintailah Produk Daerah Sendiri

188

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Mewakili Bupati, Wakil Bupati Aceh Tamiang H. T. Insyafuddin, ST menghadiri acara Pelantikan Pengurusan Dewan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Komite Daerah Aceh Tamiang di Aula Setdakab Aceh Tamiang pada Kamis (18/03/2021).

Membacakan sambutan Bupati, Wabup Insyafuddin mengawalinya dengan ucapan selamat atas pelantikan 45 (empat puluh lima) orang Dewan Komite Daerah dan Pengurus Anggota. Ia mengatakan, momentum pelantikan ini, bisa dijadikan sebagai wujud untuk membangun kemandirian UMKM berdaya saing dalam ekonomi global.

“Kendala yang ada pada kita ialah bukan tidak bisa bersaing, tetapi kita tidak bisa menguasai pasar. Di Aceh Tamiang, pergerakan usaha berbasis Home Industri sangat banyak, karena tidak bisa kuasai pasar penjualannya, mengakibatkan promosi terhadap usaha tersebut terhambat,” ungkap Wabup.

Menurut Wabup Insyafuddin, pelantikan ini sangat penting karena melalui para Komite Daerah, bimbingan untuk memajukan Home Industri di Bumi Muda Sedia akan tersampaikan kepada para pengusaha UMKM, dengan begitu mereka akan memahami dan mampu menguasai pasar penjualan. Wabup juga menambahkan, hal sederhana yang bisa dilakukan untuk memajukan pasar penjualan salah satunya dengan mencintai produk lokal atau produk daerah sendiri,” ungkap Wabup.

“Kami berharap agar para Dewan, nantinya dapat bekerja membantu meningkatkan perekonomian masyarakat dari tingkat terbawah dan menjadi perpanjangan tangan Pemerintah dalam menyampaikan bimbingan terkait kemajuan industri di Aceh Tamiang. Mari sama-sama bekerja, Kita mohon ridho dari Allah dan kita niatkan dengan awal yang baik, agar kita dapatkan dua ridho yaitu diakhirat dan di dunia,” ajaknya penuh harap.

Sebelumnya, acara diawal dengan Laporan dari Ketua Pelaksana Kegiatan Usaha Kecil dan Menengah(UKM) Robby Prasetio, SE. Dalam laporannya, Ia menyebutkan sebanyak 46 (empat puluh enam ) orang dilantik dalam acara ini. Tidak lupa, Robb juga mengucapkan ribuan terima kasih kepada Pemkab Aceh Tamiang yang selalu mendukung kegiatan UMKM.

Masuk kepada pokok acara, Sekretaris Dewan UKM Provinsi aceh Malik Musa membacakan Surat Keputusan. Saat itu, seluruh pengurus baik Dewan dan anggota resmi dilantik oleh T, Murmiadi Boy selaku Ketua Kanwil Dewan UKM Provinsi Aceh.

“Kami telah menyusun kepengurusan ini sejak Januari lalu, Alhamdulillah, Aceh Tamiang Pemerintahannya sangat mendukung kegiatan ini. Saya minta buatlah koperasi-koperasi kecil yang bisa dimanfaatkan di kampung-kampung untuk memajukan ekonomi rakyat,” kata Boy.

Tak lupa Boy berpesan kepada Dewan dan Pengurus yang baru dilantik untuk dapat mengurangi permasalahan-permasalahan yang ada mengenai UKM. Setiap kita mempunyai mimpi, dengan mimpi tersebut kita buktikan bahwa kita dapat mewujudkannya secara realita. Selain itu, Ia juga meminta usai pelantikan agar segera membuat rancangan kerja dengan program-program yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Saya mohon kepada Forkopimda, untuk membimbing para Dewan Komda dan Pengurus agar dapat melaksanakan tugas sesuai dengan janji yang di ikrarkan,”ujar Boy penuh harap.

Kegiatan ini pun ditutup dengan tarian rentak melayu dari Lenggang Muda Community dibahwa naungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh Ketua Kanwil Komda Provinsi Aceh, T. Murmiadi Boy, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian, Rafe’i, SE, Kepala Dinas Pangan, Kelautan dan Perikanan, Safuan, SP, Perwakilan Polres Aceh Tamiang dan Kodim 0117/Atam. (ABS)