Kolaborasi Privy dan Bukawarung Majukan UMKM Indonesia

205

JAKARTA ketikberita.com | Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Tanah Air memiliki peran strategis dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional. Kemajuan teknologi digital sudah memasuki berbagai lini, termasuk sektor UMKM. Digitalisasi UMKM mengubah pola pengelolaan konvensional ke digital sebagai upaya untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Kendati demikian penguatan UMKM juga memiliki berbagai tantangan, salah satunya adalah persaingan di era digital. Diperlukan peningkatan kerjasama antar banyak pihak untuk dapat memberikan akses finansial yang lebih menyeluruh kepada UMKM yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Dengan adanya teknologi finansial, diharapkan bisa memberikan kemudahan dan efisiensi dalam hal pengelolaan keuangan berbasis teknologi, meliputi pinjaman berbasis online, digitalisasi keuangan, serta teknologi pembayaran.

Untuk itu, perusahaan rintisan tanda tangan digital tersertifikasi dan identitas digital, Privy, bekerjasama dengan BukuWarung untuk memaksimalkan digitalisasi UMKM dan mendukung program pemerintah membawa UMKM Indonesia naik kelas.

Pada Selasa, 23 Mei 2023, perjanjian kerjasama antara Privy dan BukuWarung yang meliputi layanan verifikasi identitas secara online untuk pengguna BukuWarung, resmi ditanda tangani kedua belah pihak di kantor Privy, yang berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan, menggunakan layanan tanda tangan digital Privy.

Dengan adanya verifikasi identitas secara online, maka proses onboarding pengguna dapat dilakukan dari mana saja dengan waktu yang lebih cepat, serta terjamin keaslian identitasnya sehingga dapat mengurangi resiko terjadinya penyalahgunaan, pemalsuan identitas, serta kejahatan siber lainnya.

CEO Privy, Marshall Pribadi mengatakan, “Kami sangat bangga menjadi mitra identitas digital pilihan BukuWarung, juara dalam Digitalisasi UMKM untuk membantu BukuWarung memverifikasi pelanggan mereka. Kami berharap dapat menciptakan kolaborasi yang baik dengan teknologi Privy dan 37 juta basis pengguna yang telah kami verifikasi.”

Sebagai perusahaan rintisan yang fokus pada pemberdayaan dan pengembangan UMKM di Indonesia, BukuWarung menyambut baik kerjasama dengan Privy. “Selaras dengan misi kami dalam mendorong jutaan pelaku UMKM untuk “go digital” dan mempercepat kesuksesan finansial bagi pelaku UMKM di Indonesia, integrasi sistem pengenalan wajah Privy akan memudahkan terjadinya verifikasi identitas yang instan dan akurat yang mendukung kecepatan dan keamanan dari layanan keuangan BukuWarung.

Sekarang, pelaku UMKM pengguna BukuWarung akan dapat dengan cepat dan nyaman mendaftar untuk layanan dengan proses verifikasi yang aman dan sesuai dengan peraturan pemerintah,” tutur VP Strategic Partnership, Compliance and Legal BukuWarung, Romy Williams.

Hingga saat ini, BukuWarung telah dipercaya oleh lebih dari delapan juta pengguna di Indonesia. BukuWarung telah mempercepat kesuksesan finansial UMKM dengan merevolusi cara mereka berbisnis. Pelaku UMKM menggunakan aplikasi keuangan all-in-one BukuWarung untuk menyederhanakan & mendigitalkan proses bisnis, pembayaran, dan mendapatkan akses ke pinjaman.

Bukan hanya menyediakan produk-produk keuangan yang bermanfaat bagi pelaku UMKM; perusahaan juga membangun komunitas untuk tumbuh bersama dengan para pengguna dan berkomitmen untuk mendorong inklusi keuangan bagi masyarakat Indonesia. (r/red)