Kodim 0117/Aceh Tamiang Lakukan Kegiatan Pembinaan Lingkungan Hidup

65

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Mewakili Bupati Aceh Tamiang, Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Yunus, SP, melakukan Penanaman Pohon Bersama dalam kegiatan pembinaan lingkungan hidup yang diusung oleh Kodim 0117/Aceh Tamiang. Kegiatan ini bertema “Bersatu Padu dalam Menjaga Lingkungan” yang dilaksanakan di lahan milik TNI, Kampung Kebun Rantau, Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang, Selasa (27/09/22).

Dalam Sambutannya, Dandim 0117/Aceh Tamiang, Letkol Czi. Alfian Rachmad Purnamasidi menyampaikan, pada tahun 2022 merupakan tahap ketiga dalam pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Selain itu, bertujuan untuk menyukseskan Gerakan Revolusi Hijau di Kabupaten Aceh Tamiang guna mengurangi lahan kritis yang bisa bermanfaat untuk warga masyarakat Kab. Aceh Tamiang.

“Di mana pada Triwulan I Tahun 2020 Negara kita ikut terdampak pandemi Covid-19. Akibatnya pengelolaan dan pengawasan terhadap lingkungan hidup mengalami kendala yang mengakibatkan pada Tahun 2021 banyak terjadi bencana alam diantaranya banjir, tanah longsor dan lainnya yang diakibatkan oleh terganggunya ekosistem alam sekitar,” ujarnya

Memperhatikan hal ini, maka Pemerintah telah melakukan langkah-langkah korektif (corrective actions) sebagai upaya untuk meningkatkan pengelolaan hutan beserta ekosistemnya secara berkelanjutan sebagai tindakan pencegahan dini untuk meminimalkan risiko terjadinya bencana alam yang diakibatkan oleh kelalaian ataupun kesengajaan manusia dalam merusak ekosistem alam dan sumber daya alam sekitarnya.

Selanjutnya Dandim juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk selalu menjaga kelestarian lingkungan hidup guna menjamin kelangsungan makhluk hidup serta kelestarian ekosistem dengan harapan tercapai keselarasan dan keseimbangan lingkungan hidup untuk diwariskan kepada anak cucu kita.

Melalui kegiatan ini Dandim berharap agar seluruh komponen masyarakat mampu merapatkan barisan untuk menyamakan visi maupun persepsi dalam menghadapi tantangan kebangsaan yang kian berat dan kompleks.

Hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda Aceh Tamiang, Sekretaris DLHK Aceh Tamiang, para Perwira Staf dan Danramil jajaran Kodim 0117/Atam, Camat Rantau, Ketua HIPAKAD Aceh Tamiang, Datok Penghulu beserta perangkat Kampung Kebun Rantau, Ustadz Lukmanul Hakim, M.HI. Warga masyarakat Kampung Kebun Rantau, Kampung Alur Manis dan sekitarnya. (ABS)