Kodim 0117/Aceh Tamiang Gelar Latorsar Teritorial dan Latosar Intel TA 2022

682

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Dalam rangka menunjang dan mengasah kemampuan Prajurit TNI AD, khususnya Personel Kodim 0117/Aceh Tamiang menggelar Latihan Perorangan Dasar teritorial dan Latihan Dasar Umum Intelejen yang di laksanakan selama 3 Minggu terhitung mulai tanggal 17 Januari sampai 4 February bertempat di Aula Makodim 0117/Aceh Tamiang Jln. Lintas Medan- Banda Aceh, Desa Sungai Liput, Kecamatan Kejuruan Muda, Kabupaten Aceh Tamiang, Senin (17/01/2022).

Latihan perorangan dasar merupakan latihan yang dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kemampuan perorangan prajurit dasar agar mampu melaksanakan tugas-tugas sesuai dengan fungsi serta perannya, oleh karena itu latihan harus dilaksanakan sesuai tingkat kecakapannya dalam menguasai materi militer umum materi teritorial dan materi intelijen di sesuaikan dengan Standarisasi kemampuan Prajurit yang sudah diatur oleh satuan atas.

Dandim 0117/Aceh Tamiang Letkol Czi Alfian Rachmad Purnamasidi S.I.P.M.si. melalui Danramil 02/Karang Baru Kapten Inf M Lumban Raja selaku Komandan Latihan Perorangan Dasar Teritorial dan Intelejen mengatakan, untuk menunjang kemampuan para anggota intelejen dan para Babinsa Kodim 0117/Aceh Tamiang, yang diharapkan nantinya materi latihan yang diberikan dari teori hingga praktek dapat dilaksanakan dengan baik.

Saya harapkan Dalam pengetahuan intelejen dan keterampilan dasar Satuan Komando Kewilayahan ini bisa diterima dengan baik oleh para anggota dan sebagai insan Intelejen yang berkecimpung di bidang pengamanan agar terus memelihara dan meningkatkan Jaring Komunikasi dengan elemen masyarakat agar Slogan DENI CENI ( Deteksi Dini dan Cegah Dini) tentang suatu kejadian di masyarakat akan dapat diatasi,” ujarnya.

Lebih lanjut Kapten Inf M Lumban Raja menyampaikan, bahwa untuk menunjang kemampuan para anggota, diharapkan nantinya materi latihan yang diberikan dari teori hingga praktek oleh pemateri, dalam pengetahuan dan keterampilan dasar Satkowil dan Intelejen ini bisa diterima dengan baik oleh para anggota, imbunya.

Kegiatan pelaksanaan Latorsar umum intelejen ini meliputi materi yang di berikan antara lain materi IMPK ( Navigasi Darat ) dan aplikasi di lapangan serta difokuskan pada cara memberikan instruksi (CMI) di Desa Binaan, selain itu diberikan juga materi tentang teknik Intelejen antara lain Komunikasi Sosial dan Pendalaman,” ungkapnya.

Kapten Inf M Lumban Raja menekankan kepada peserta latihan untuk setiap kegiatan apapun yang kita laksanakan harus dengan semangat dan penuh dedikasi, serta kegiatan tersebut harus jadikan kegiatan latihan sebagai suatu kebutuhan yang harus dilaksanakan bagi setiap prajurit.

Namun Latorsar yang kita laksanakan ini tidak hanya sekedar menjalankan atau mengisi program kerja saja, akan tetapi tujuan dari latihan ini adalah meningkatkan kualitas dan kemampuan pada tiap Prajurit di Satuan Teritorial,” jelasnya.

Kita juga akan tekankan untuk setiap kegiatan apapun yang kita laksanakan harus dengan semangat dan penuh dedikasi, serta kegiatan tersebut harus jadikan kegiatan latihan sebagai suatu kebutuhan yang harus dilaksanakan bagi setiap prajurit. Namun Latorsar yang kita laksanakan ini tidak hanya sekedar menjalankan atau mengisi program kerja saja, akan tetapi tujuan dari latihan ini adalah meningkatkan kualitas dan kemampuan pada tiap Prajurit di Satuan Teritorial khususnya Prajurit Kodim 0117/Aceh Tamiang,” pungkasnya. (ABS)