Kinerja APBN di Sumut Terus Meningkat dan Mencapai Realisasi Positif Hingga Juli 2024

141

MEDAN ketikberita.com | Kepala Kantor Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Sumatera Utara (Kemenkeu Sumut), Arridel Mindra mengumumkan capaian dan kinerja APBN di wilayah Sumatera Utara hingga akhir Juli 2024.

“Kinerja ini mencerminkan upaya pemerintah dalam menjaga stabilitas fiskal dan mendorong pertumbuhan ekonomi, meskipun harus menghadapi berbagai tantangan, baik di tingkat nasional maupun global, “terang Arridel Mindra saat menggelar konferensi pers yang digelar di Ruang Rampak Gedung Kemenkeu Sumut Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan, Provinsi Sumut, Selasa (20/09/2024) pagi tadi.

Dalam konferensi pers yang turut dihadiri Syaiful selaku Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Sumatera Utara, Parjiya selaku Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Sumatera Utara, Dodok Dwi Handoko selaku Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Sumatera Utara dan Darmawan selaku Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara II tersebut, Arridel Mindra juga menjelaskan terkait pendapatan dan belanja negara.

Dimana hingga akhir Juli 2024, total pendapatan negara di Sumatera Utara tercatat sebesar Rp 21,36 triliun, yang setara dengan 47,51% dari target tahunan.

“Meski terjadi penurunan sebesar 9,08% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, pendapatan negara tetap menjadi sumber utama dalam mendukung berbagai program dan kebijakan pemerintah di wilayah ini. Belanja negara di Sumatera Utara juga menunjukkan perkembangan positif dengan realisasi mencapai Rp37,01 triliun, atau sekitar 52,65% dari pagu yang ditetapkan, “terangnya.

Realisasi belanja ini mengalami pertumbuhan sebesar 9,57% dibandingkan tahun lalu, yang menunjukkan komitmen pemerintah untuk terus mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Defisit APBN tercatat sebesar Rp 15,65 triliun atau 61,78% dari pagu, namun masih berada dalam batas yang dapat dikelola dengan baik. Kemudian masih dibilangnya lagi, perekonomian Sumatera Utara terus tumbuh dengan stabil, tercermin dari angka pertumbuhan ekonomi sebesar 4,95% secara tahunan (yoy) pada Triwulan II 2024.

“Pertumbuhan ini didukung oleh konsumsi rumah tangga yang kuat serta peningkatan investasi, terutama di sektor-sektor utama seperti perdagangan, industri pengolahan, dan pertanian. Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Sumatera Utara pada Triwulan II 2024 mencapai Rp285,32 triliun dalam nilai ADHB, dan Rp 157,32 triliun dalam nilai ADHK 2010, menunjukkan bahwa perekonomian wilayah ini tetap bertumbuh meskipun ada berbagai tantangan global, “sebutnya. (red)

Artikulli paraprakPeluncuran Modul Ajar CBP Rupiah, Warnai Pembukaan Expo Rupiah 2024
Artikulli tjetërCapai Target 100 Persen, TMMD Ke-121 Kodim 1430/Konut Siap Ditutup