Keturunan Narasaon Potensikan SDM dan SDA Kabupaten Toba

113

TOBA (Sumut) ketikberita.com | Pelantikan Generasi Muda Narasaon Sedunia (GMNS) menggelar pelantikan Dewan Pengurus Daerah Toba (DPD Toba) untuk mengambil peran mempercepat pembangunan di Kabupaten Toba dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) secara khusus bagi keturunannya dan umumnya masyarakat Kabupaten ini.

Seperti diketahui, Raja Narasaon mempunyai generasi empat marga yakni Marga Sitorus, Sirait, Butarbutar dan Marga Manurung merupakan salah satu Marga Batak yang terbanyak menghuni Kabupaten Toba dan selalu terlibat dalam setiap pembangunan baik secara swasta dan pemerintahan.

Hal ini dilakukan, mengingat Kabupaten ini memiliki segudang potensi yang memungkinkan untuk peningkatan kesejahteraan warga Toba secara khusus keturunan Raja Narasaon, terlebih sektor pariwisata dan pertanian yang sangat menjanjikan kedepannya.

Disampaikan Paber Sitorus, Ketua DPD Toba terpilih untuk mewujudkan harapan dari leluhur dan tetua empat Marga, generasi Narasaon harus ambil bagian dan terlibat langsung dalam mengembangkan Kabupaten ini dalam mencapai kemakmuran.

“Melalui organisasi Marga Narasaon kita akan membina mental dan karakter untuk membangkitkan SDM dan SDA dan semangat persatuan, karena empat Marga ini masih sedarah. Terlebih kita tekankan kepada Generasi muda untuk tidak terlibat dalam narkoba, sebab dapat menghancurkan generasi berikutnya, ” tegas Paber.

Lanjut dia, pantas disyukuri tempat yang kita tinggali yang diwariskan leluhur kita memiliki tanah yang subur sehingga cocok untuk pertanian. Terlebih lagi kawasan Danau Toba yang menjadi pariwisata super prioritas yang ditetapkan pemerintah pusat dan menjadi pusat pariwisata kawasan Danau Toba (Caldera Resort) di Sibisa dan telah dikunjungi oleh Presiden RI Joko Widodo beberapa kali, pungkasnya.

Sementara Leo Sitorus, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat GMNS berharap DPD dapat menjalankan ketentuan dan aturan yang ada untuk meningkatkan kualitas generasi Narasaon yang unggul dan mumpuni dalam memenuhi harapan leluhur.

“Sehingga organisasi ini menjadi generasi yang tangguh, militan dan berintegritas untuk mewujudkan organisasi yang mandiri, inovafatif dan visioner, ” tegas Leo.

Adapun pelantikan pengurus tingkat Kabupaten yang dilaksanakan di Gedung Raja Martua, Kecamatan Porsea pada Sabtu (27/8/2022) dengan mengundang Forkopimda Kabupaten Toba dan sejumlah Tokoh adat dan Agama. Dimana organisasi kemargaan (GMNS) ini sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (Asri)