Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli Beserta Tim Laksanakan Monitoring Tertib Administrasi di Desa Gada

32

GUNUNGSITOLI (Sumut) ketikberita.com | Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli Nyonya Tini Lakhomizaro Zebua beserta Tim melaksanakan monitoring tertib administrasi kegiatan PKK Pada Hari Jumat (26/08/2022) di Desa Gada Kecamatan Gunungsitoli Barat Kota Gunungsitoli.

Dilansir dari kominfo Kota Gunungsitoli (29/08), Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli dalam arahannya menyampaikan bahwa semua kegiatan PKK seperti keterampilan, pendidikan, kesehatan, dsb yang dilaksanakan di desa harus dicatat secara berkala dan teratur. “Data tersebut nantinya akan dituangkan dalam aplikasi Simponi (Sistem Informasi Manajemen PKK Kota Gunungsitoli), aplikasi khusus untuk PKK se-Kota Gunungsitoli yang sedang di design oleh Diskominfo Kota Gunungsitoli dan akan segera dilaunching,” ungkapnya.

Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli menambahkan, melalui aplikasi ini nantinya, semua kegiatan PKK di desa se-Kota Gunungsitoli bisa diakses oleh pemerintah pusat maupun daerah sehingga data terkait profil keluarga miskin, pra-sejahtera akan mudah ditampilkan, sehingga kebijakan pusat terkait pengambilan keputusan untuk keluarga kurang mampu, lebih cepat ditentukan. “Kami harap semua Ibu-ibu PKK di desa lebih pro-aktif untuk mendukung semua kegiatan PKK dan memetik manfaatnya karena hal ini bertujuan untuk menambah penghasilan keluarga,” tegas Ketua TP. PKK Kota Gunungsitoli, mengakhiri arahannya.

Camat Gunungsitoli Barat Fitelinamawati Hulu, SE.,M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa pada penyusunan APBDes, dia telah menginstruksikan kepada para Kepala Desa agar di setiap desa harus ada anggaran untuk pembinaan PKK. “Keberadaan PKK adalah untuk membantu pemerintah desa dalam mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Saya berharap agar Ibu-ibu PKK lebih kooperatif dalam memberikan data seperti pendataan Dasa Wisma di desa, guna memudahkan pengambilan kebijakan oleh pemerintah,” paparnya, mengakhiri sambutannya.

Turut hadir dalam kegiatan monitoring tersebut, beberapa perwakilan dari SKPD terkait seperti Dinas Keptan Kota Gunungsitoli, Dinas PMD Kota Gunungsitoli, Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli, Dinas Perdagangan dan Naker Kota Gunungsitoli, Dinas Kominfo Kota Gunungsitoli, TP. PKK Kecamatan Gunungsitoli Barat, Kepala Desa Gada dan jajarannya, serta hadirin lainnya. (Wardiy)