Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari Silaturrahmi Ke Kampus IV FIS UIN-SU Sekaligus Mengisi Kegiatan Stadium General Terkait Pemilu Serentak 2024

84

DELI SERDANG (Sumut) ketikberita.com | Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia Hasyim Asy’ari S.H, M.H, Ph.D melakukan kunjungan silaturahmi ke Kampus IV Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FIS UIN-SU) yang berada di Jalan Lapangan Golf, Desa Durin Jangak Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang pada Jum’at 23 September 2022.

Kedatangan ketua KPU pusat Hasyim Asy’ari disambut Dekan Prof. DR. Abdurrahman dan Wakil Dekan III Tuan M. Yoserizal Saragih, M.I.Kom bersama dengan Civitas Akademika dan para Mahasiswa/i dari empat jurusan yang ada di FIS UIN-SU tersebut.

Selain bersilaturrahmi, Ketua KPU Hasyim Asy’ari juga menjadi Narasumber pada kegiatan Stadium General yang diselenggarakan FIS UINSU dengan tema ”Peran Mahasiswa Sukseskan Pemilu 2024”.

Sebagai Narasumber, Ketua KPU Hasyim Asy’ari sedikit menyampaikan motivasi kepada para mahasiswa/i bahwa ada dua kata kunci menuju kesuksesan kita ketika menjadi mahasiswa yaitu belajar dan berlatih, ucapnya.

Kemudian Hasyim Asy’ari mengatakan bahwa Pemilihan Umum (Pemilu) serentak akan digelar pada tahun 2024 mendatang, dimana sama-sama kita ketahui bahwa pesta demokrasi itu akan berlangsung pada tanggal 14 Februari tahun 2024, dimana nantinya kita rakyat Indonesia akan memilih anggota DPR, DPRD, DPD RI dan Presiden dan juga akan memilih Kepala Daerah baik Gubernur, Bupati dan Walikota secara serentak.

”Oleh karena itu pemilu kedepan hendaknya para mahasiswa/i FIS UIN-SU dapat menjadi aktor dalam pesta demokrasi tersebut dan harus menjadi penuntun agar demokrasi dapat berjalan dan terlaksana dengan sebaik-baiknya,” pintanya.

Dilanjut Hasyim hendaknya Universitas segera mempersiapkan MoA dan MoU dengan KPU RI agar terjalinnya kerja sama dalam mensukseskan pemilu nantinya dan diharapkan para mahasiswa dapat menjadi anggota KPPS pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang, harapnya.

Sementara itu Wakil Dekan III FIS UINSU bidang kemahasiswaan dan kerja sama M. Yoserizal Saragih, M.I.Kom sangat mengapresiasi arahan yang disampaikan Ketua KPU RI, beliau telah berkenan hadir di Kampus IV FIS UINSU dan memberikan sedikit pemahaman serta pembelajaran yang penting bagi kita semua terkait kepemiluan, dimana masih banyak diantara kita yang belum memahami peraturan dan undang-undang pemilu, terlebih bagi adik-adik mahasiswa/i FIS UINSU sosialisasi yang disampaikan Ketua KPU ini sangat berguna untuk mensukseskan pemilu serentak di tahun 2024 nanti, katanya.

Ditambah Yoserizal bahwa mahasiswa harus berperan aktif dalam mengawal sukasnya pesta demokrasi 2024 dan berharap para mahasiswa/i dapat ikut serta menjadi penyelenggara pemilihan umum dan siap menjadi penutur dan penuntun agar pemilu terlaksana dengan mengikuti peraturan dan undang-undang yang berlaku secara baik dan benar,” ujarnya.

Terakhir sebagai Wakil Dekan III Yoserizal mengucapkan terima kasih kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari atas kehadirannya memberikan arahan dan bimbingan. Do’a kami semoga Bapak senantiasa dalam ridho Allah SWT dan diberi kekuatan serta perlindungannya dalam melaksanakan tugas dan semoga Allah SWT melimpahkan rahmat fadhilah-Nya kepada kita semua.

”Baktimu, Titah langit yang penuh keagungan, teladan dalam kehidupan,” Imbuh Yoserizal menyudahi.

Silaturahmi dan kegiatan stadium general itu berjalan baik dan lancar, kegiatan berakhir ditandai dengan foto bersama Ketua KPU RI dengan Dekan, Wakil Dekan III, Civitas Akademika dan para mahasiswa/i FIS UIN-SU. (Ar)