Kesbangpol Kota Tangerang Sosialisasi Pilkada kepada Ratusan Pemilih Pemula

58

TANGERANG (Banten) ketikberita.com | Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang, Banten membekali pendidikan politik bagi pemilih pemula mulai dari jenjang sekolah menengah pertama (SMA) dan mahasiswa universitas setempat dalam sosialisasi partisipasi untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024.

Pemberian pendidikan politik yang diikuti 400 pelajar dan 100 mahasiswa tersebut diisi oleh narasumber dari KPU, penggiat kepemudaan, Kemenko PMK, dan influencer untuk juga memberikan motivasi dan pentingnya hak pilih kepada pemilih pemula.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Tangerang, Teguh Supriyanto menyebutkan, menjelang kontestasi yang yang akan berlangsung pada 27 November mendatang tersebut, pihaknya memiliki tanggungjawab untuk memberikan pendidikan politik kepada para pemilih pemula.

“Karena dari jumlah Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) sekitar 1.385.155, didalamnya itu ada milenial atau gen z yang merupakan juga pemilih pemula sebanyak 339.155 dan tentu ini jumlah yang sangat besar,” ucapnya usai kegiatan di Tangerang Convention Center, Kecamatan Karawaci, Jum’at (14/6/2024).

Teguh menjelaskan, apabila mengacu dari data daftar pemilih tetap (DPT) pada perhelatan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan Presiden RI serta Wakil Presiden RI di Kota Tangerang kemarin ada sebanyak 1.365.773, jumlah itu menunjukan partisipasi masyarakat mengalami kenaikan.

“Melihat dari situlah kami ada kewajiban mensosialisasikan ke pemilih pemula yang nanti saat Pilkada berlangsung mereka sudah memiliki hak pilih secara konstitusional, tujuannya adalah tak lain pendidikan politik dalam kegiatan ini adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” tukasnya.

Sementara itu salah satu peserta sosialisasi partisipasi untuk Pilkada 2024 dari kalangan mahasiswa, Suci Dwi Mareta mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan tersebut lantaran banyak ilmu yang didapat oleh dirinya, terkhusus para pemilih pemula.

Karena juga selain itu, Suci menambahkan ada para siswa dan siswi SMA serta SMK yang betul-betul baru menjadi pemilih pemula dapat mendapatkan ilmu tentang hak pilihnya.

“Semoga pemimpin yang terpilih pada ajang Pilkada nanti, bisa membawa Kota Tangerang maju dan berprestasi serta kami dari kalangan pemilih pemula dapat turut berpartisipasi memberikan hak suara kami,” tukasnya. (mir)

Artikulli paraprakTerkait Rotasi Eselon 2, DPRD Kota Tangerang Siap Mengawasi
Artikulli tjetërPj. Bupati Aceh Singkil lantik 5 Orang ASN Dalam Jabatan Fungsional