Kerjasama Eastspring Indonesia dan Pluang, Mudahkan Distribusi Investasi Reksa Dana Bagi Investor Ritel

330

JAKARTA ketikberita.com | PT Eastspring Investments Indonesia (“Eastspring Indonesia”) salah satu manajer investasi terbesar di Indonesia mengumumkan kerjasama distribusi produk reksa dana bagi nasabah ritel di Indonesia melalui mitra Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) PT Sarana Santosa Sejati (“Pluang Grow”) yang bekerjasama dengan PT Bumi Santosa Cemerlang (“Pluang”) sebagai gerai distribusi, Senin (28/03/2022).

Pluang merupakan perusahaan penyelenggara platform digital yang telah mendapatkan persetujuan sebagai gerai APERD Pluang Grow yang dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk berinvestasi di reksa dana.

Pluang Grow menawarkan produk reksadana yang telah dipilih dengan seksama untuk menjaga keamanan nasabah dalam berinvestasi. Produk–produk reksa dana Eastspring Indonesia yang ditawarkan adalah Eastspring Investments Value Discovery Kelas A dan reksa dana berbasis USD yaitu Eastspring Syariah Equity Islamic Asia Pacific USD Kelas A (Equity Syariah).

Penjualan reksa dana melalui APERD pun berpotensi terus meningkat. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Direktur Eastspring Indonesia, Alan J. Tangkas Darmawan yang menyebut penjualan reksadana Eastspring melalui APERD menunjukan tren pertumbuhan.

Alan yakin minat investor untuk membeli reksa dana melalui APERD masih cukup positif. Ia meyakini kontribusi penjualan APERD akan terus tumbuh dari tahun ketahun seiring dengan era digital yang semakin mempermudah transaksi pembelian reksa dana.

Alan optimis dengan Kerjasama ini dapat mendukung pertumbuhan jumlah investor sekaligus mendorong inklusi dan literasi bagi masyarakat Indonesia. Dia menilai bahwa digitalisasi akses instrument investasi merupakan pendukung utama dari jumlah pertumbuhan investor reksa dana.

Diketahui bahwa PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatatkan jumlah investor reksa dana sebanyak 6 juta per 19 Oktober 2021 dengan pertumbuhan paling tinggi yaitu meningkat 89,08 % year-to-date jika dibandingkan dengan pertumbuhan investor saham ataupun investor surat berharga Negara (SBN).Total nilai asset produk reksadana yang tercatat di KSEI bernilai Rp799,26 triliun pada periode yang sama.

Co-Founder Pluang, Claudia Kolonas mengatakan “Pertumbuhan jumlah investor reksa dana yang pesat merupakan hal yang baik bagi perekonomian bangsa karena terlihat antusiasme investor yang masih tinggi dikala pandemi. Generasi milenial merupakan kunci dalam mengakselerasi pertumbuhan ini yang didukung oleh data KSEI dimana investor pasar modal kini didominasi oleh usia dibawah 30 tahun dan 30-40 tahun dengan jumlah 81,02%. Adanya pertumbuhan investor ini sejalan dengan peningkatan keseluruhan jumlah transaksi pengguna Pluang dari Januari 2020 hingga Desember 2021 yang mencapai 33 x lipat”.

Pluang merupakan perusahaan rintisan wealth tech inovatif yang mempermudah para milenial untuk berinvestasi sesegera mungkin atau sekarang (now) dengan menyediakan beragam kelas asset didalam satu aplikasi. Dengan kata lain, Pluang sebagai platform investasi digital berharap dapat memudahkan masyarakat Indonesia untuk memulai investasi dengan cara yang tepat demi tercapainya kemerdekaan finansial di masa depan.

“Seiring dengan perkembangan transaksionline yang pesat, kami berharap melalui Pluang, nasabah diberikan kemudahan dalam mengakses produk reksadana Eastspring Indonesia tanpa ada batasan wilayah dan waktu. Kami percaya bahwa Pluang merupakan APERD terpercaya dan profesional.” tambah Alan.

“Hal ini sejalan dengan komitmen Pluang untuk selalu berinovasi dan memberikan pelayanan terbaik demi memenuhi kepuasan nasabah dengan memberikan produk, layanan dan kemudahan-kemudahan bagi nasabah; yang obyektif, terpercaya dan professional. Dengan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan perekonomian Indonesia, kami akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat dan mudahnya berinvestasi reksa dana.” Tutup Claudia. (r/red)