Kelurahan Besar Medan Labuhan Juara I Lomba Kelurahan/Desa se-Sumut

33

MEDAN ketikberita.com | Kelurahan Besar Medan Labuhan Medan meraih Juara I Perlombaan Kelurahan dan Desa Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021. Hasil penilaian tim penilaian yang tertuang dalam Keputusan Gubsu Nomor 188.44/354/KPTS/2021 Tanggal 30 Juni 2021 ini disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumut Hendra Dermawan Siregar kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution, Rabu (6/10) di ruang khusus wali kota.

Dalam pertemuan itu Asisten Pemerintahan dan Kesra M. Sofyan, Kabag Tapem Rasyid Ridho, Camat Medan Labuhan Rudy Asriandi, dan Lurah Kelurahan Besar T. Robi Chairi itu, Bobby Nasution mengatakan, Pemko Medan mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang telah diberikan kepada Kelurahan Besar ini.

“Prestasi yang telah diraih ini semakin memotivasi Pemko Medan, termasuk kecamatan, dan kelurahan untuk memberikan pelayanan terbaik sampai ke tingkat paling mikro,” ungkap Bobby Nasution.

Pemko Medan, lanjut Bobby Nasution, juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kelurahan Besar yang telah meraih prestasi ini. Wujud apresiasi tersebut adalah memperhatikan dan memasukkan program-program hasil Rembuk Warga dan Musrenbang Kelurahan Besar menjadi program kota.

“Hasil Rembuk Warga dan Musrenbang di Kelurahan Besar harus diperhatikan dan dijadikan program kota,” ujar Bobby Nasution seraya meminta Asisten Pemerintahan dan Kesra dan Kabag Tapem melakukan monitor agar program dari Kelurahan Besar itu bisa menjadi program kerja Pemko Medan pada 2022.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumut Hendra Dermawan menyampaikan, tim penilai telah bekerja sejak awal Juni. Dan hasilnya, Kelurahan Besar meraih Juara I. Atas prestasi ini, selain tropi dan piagam penghargaan, Kelurahan Besar juga mendapat uang pembinaan sebesar Rp50 juta.

Lurah Besar, T Roby Chairi mengungkapkan kegembiraan atas penghargaan yang diberikan ini. Disebutkannya pula, prestasi ini tidak lepas dari dukungan dan bimbingan dari Wali Kota, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kabag Tapem, juga Camat Medan Labuhan.

Dia mengatakan, program yang dilakukannya di Kelurahan Besar adalah digitalisasi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Di samping itu, pihaknya juga melakukan pembenahan, termasuk infrastruktur di kantor, sehingga masyarakat merasa nyaman saat berurusan dengan kelurahan.

“Pelayanan yang kita lakukan juga beradaptasi dengan kondisi pandemi Covid-19 dan menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Robi juga mengungkapkan kegembiraannya atas apresiasi dari Wali Kota Medan yang akan memperhatikan program-program hasil Rembuk Warga dan Musrenbang Kelurahan Besar dan menjadikannya sebagai program kota.

“Kelurahan Besar memang membutuhkan program yang benar-benar menyentuh masyarakat sebagaimana yang tercermin dalam hasil rembuk warga dan musrenbang kelurahan,” ungkapnya. (er)