Kegiatan Pelatihan Kerajinan Membatik di Selenggarakan Dekranasda Kabupaten Nias Tahun 2024

41

NIAS (Sumut) ketikberita.com | Pembukaan kegiatan Pelatihan Kerajinan Membatik yang diselenggarakan oleh Dekranasda Kabupaten Nias Tahun 2024, bertempat di Aula Paroki Kristus Raja Gido, Hiliweto-Gido, Senin, (07 Oktober 2024).

Kepala Dinas Koperasi, Firmina A. Halawa, S.E melaporkan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk menjadi pengrajin yang terampil, handal, menumbuhkembangkan usaha, menjaga keunikan sekaligus kelestarian budaya asli daerah.

Sementara itu, Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Nias Ny. Rensi Samson P. Zai mengatakan bahwa dalam kegiatan ini akan diberikan pelatihan mengenai dasar-dasar membatik mulai dari alat dan bahan membatik, persiapan dan pengolahan bahan-bahan yang diperlukan dalam membatik.

“Kami berharap kiranya kegiatan ini dapat memberikan dampak bagi pengembangan usaha dan juga potensi dari dalam diri peserta mampu berkembang sehingga dapat menghasilkan produk yang memiliki daya saing dan memiliki keunikan tersendiri serta terjaga kelestariannya” harapnya.

PJs Bupati Nias Ir. Yuliani Siregar, M. AP menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk melestarikan, membina dan mendorong potensi seni budaya yang ada di Kabupaten Nias. Ia mengharapkan agar motif ornamen nias tetap terlestarikan sehingga memiliki nilai produk yang tinggi serta memiliki arti sejarah yang akan terus diingat dan tidak mudah terlupakan.

Di sisi lain, produk yang dihasilkan dari kegiatan membatik ini otomatis memberikan dampak yang positif kepada para pengrajin. Selain memberikan perluasan lapangan pekerjaan juga dapat meningkatkan pendapatan bagi pelaku pengrajin itu sendiri” ungkapnya.

PJs Bupati Nias berpesan kepada para peserta agar mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memahami teknik membatik yang baik dan benar. Sedangkan kepada narasumber ia meminta agar memberikan totalitas kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki sehingga para peserta mampu memahami apa yang disajikan, dilansir dari Press release Kominfo Kabupaten Nias.

Hadir dalam kegiatan tersebut, PJs. Bupati Nias, Sekretaris Daerah Kabupaten Nias, Asisten Sekda Kabupaten Nias, Kepala Dinas Koperasi UKMPK Kabupaten Nias, Pengurus Dekranasda Kabupaten Nias, Narasumber Ibu Yuslian Harefa, SKM, Panitia pelaksana kegiatan dan seluruh peserta kegiatan. (Wardiy)

Artikulli paraprakPT. Sinar Maluku Shipping Line Gelar Audiensi Dengan Pemerintah Kabupaten Nias
Artikulli tjetërPromosi Jabatan, Kapolres Tebing Tinggi AKBP Andreas Tampubolon Kini Jabat Kabag Binkar Polda Papua