Kegiatan Menenun Tradisional Curi Perhatian di Musrembang 2023 Sumut

94

MEDAN ketikberita.com | Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Sumatera Utara tahun 2023 dibuka secara resmi, Rabu (30/3). Bertempat di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Hall, Jalan Kapten Maulana Lubis, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi membuka langsung kegiatan ini.

Ada hal yang mencuri perhatian di tempat penyelenggaraan Musrenbang 2023. Di depan pintu masuk Convention Hall terdapat pameran produk-produk khas Sumut. Ada kegiatan menenun secara tradisional yang menarik perhatian para pengunjung. Bahkan, tidak sedikit pengunjung yang meminta foto bersama dengan penenun.

Ada dua kegiatan menenun yang dipamerkan dalam kegiatan ini, pertama Uis Gara dan kedua Songket Melayu Deli.

Selain aktivitas menenun, banyak produk kain songket khas daerah-daerah Sumut seperti Toba, Simalungun, Mandailing, Angkola dan lainnya yang dipamerkan di pembukaan Musrenbang 2023. Ada juga tas, pakaian, dompet dan lainnya dengan bahan dasar kain tenun. Untuk makanan dan minuman kopi tentu tidak terlewatkan, kemudian bolu dan juga makanan-makanan ringan produk UMKM.

Kesempatan ini tidak dilewatkan Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis untuk berbincang langsung dengan penenun dan pegiat UMKM. Nawal juga terlihat membeli beberapa kain songket serta makanan ringan yang dipamerkan.

“Kita harus dukung terus produk UMKM dan produk kreatif kita. Kita juga harus bangga, kita punya banyak jenis kain tenun yang luar biasa,” kata Nawal, usai meninjau pameran.

Banyak hal menarik yang terjadi di Musrenbang 2023 Sumut. Dimulai dari kegiatan seluruh kepala daerah mengendarai sepeda motor dari Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Nomor 41, Medan ke Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Hall.

Ini merupakan Musrenbang terakhir bagi Edy Rahmayadi dan Wakilnya Musa Rajekshah. Edy Rahmayadi menekankan cita-citanya membangun Sumut yang sempat tertunda karena Covid-19 harus bisa terwujud, terutama masalah infrastruktur jalan.

“Ini sudah kita rencanakan sejak 2019, jadi sebelum masa kami dengan Pak Musa Rajekshah berakhir ini harus terwujud,” kata Edy Rahmayadi, saat presentasi rencana pembangunan Sumut di Musrenbang Sumut 2023.

Musrenbang di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention Hall merupakan acara puncak Musrenbang 2023 Sumut. Sebelumnya, telah diadakan pra Musrenbang yang terbagi Zona Pantai Timur, Pantai Barat, Dataran Tinggi dan Kepulauan Nias. (er)