Kasdam IX/Udayana Pastikan Pengerjaan Pompa Hidram Pertanian Desa Ayunan Tepat Sasaran

24

BADUNG (Bali) ketikberita.com | Kegiatan non program  Kodam IX/Udayana melalui pembangunan Pompa Hidram untuk pertanian terus berlanjut dan terus digencarkan. Kali ini TNI Angkatan Darat hadir dengan pompa hidram untuk membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan rakyat yang berada di Desa Ayunan, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung.

Dalam pengerjaanya, Pompa Hidram yang direncanakan dapat mengairi sawah seluas 150 hektar tersebut akan dipasang sebanyak 10 Pompa Hidram melalui satuan kewilayahan Kodim 1611/Badung dan diharapkan selesai pada awal bulan Agustus 2022.

Guna memastikan dapat terlaksana dengan tepat waktu dan sasaran, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, S.I.P., M.Sc., bersama Irdam IX/Udayana Brigjen TNI Tatan Adrianto, S.I.P., Aster Kasdam IX/Udayana, Dandim 1611/Badung, Wakazidam IX/Udayana dan staf terkait lainnya melaksanakan peninjauan pengerjaan Pompa Hidram untuk pertanian yang di Desa Ayunan tersebut, pada Kamis (21/7/2022).

Setibanya di lokasi, Kasdam IX/Udayana menerima penjelasan singkat mengenai proses pengerjaan dan pemasangan Pompa Hidram untuk pertanian dari Dandim 1611/Badung. Acara tersebut juga dihadiri oleh Camat Abiansemal, Perbekel Desa Ayunan, Bendesa Adat Ayunan dan Pekaseh Subak Ayunan.

Pada kesempatan yang sama, Bendesa Adat Ayunan I Made Seniartha mewakili masyarakat Desa Ayunan mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Pangdam IX/Udayana bersama jajaran atas bantuan dan atensinya terhadap desanya dengan memberikan bantuan Pompa Hidram untuk mengairi sawah yang ada di Desa Ayunan.

“Kami juga berterima kasih kepada Kodam IX/Udayana, selain hadir dengan pompa hidram, pada akhir tahun 2021, Kodam juga telah memberikan bantuan keramik sebanyak 415 dos untuk Wantilan Pura Desa di desa kami. Sekali lagi terimakasih Bapak Pangdam IX/Udayana atas bantuannya untuk desa kami,” tambahnya.

Untuk diketahui, bahwa kegiatan non program Kodam IX/Udayana tahun ini difokuskan masalah ketersediaan pemenuhan akan air bagi masyarakat di wilayah Bali, NTB dan NTT. Secara berkelanjutan program ini akan terus dilaksanakan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terutama untuk mengairi lahan pertanian.  Pompa hidram yang terbangun diharapkan akan mampu menambah kuantitas panen petani dan mendorong program ketahanan pangan. Hal ini sebagai wujud nyata bahwa negara hadir untuk rakyat. (Ar/Udayana)