Kapolres Sergai Pimpinan Rakoir Mediasi Antara PT SRA Dengan Masyarakat Penggarapan

82

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Rapat Koordinasi (Rakoor)mediasi permasalahan antara PT. SRA (Sri Rahayu Agung) Kec. Kotarih dengan Masyarakat penggarap, langsung dipimpin sebagai Mediasi Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) AKBP. Robin Simatupang SH. M.Hum.Rabu (01/09/2021) bertempat Polsek Kotarih sekira pukul 15.30.Wib Siang jelang Sore.

Turut Hadir Dalam Kegiatan tersebut Kapolres Serdang Bedagai AKBP R. Simatupang, S.H, M.Hum, Kasat Intelkam AKP L.B Sihombing S.H.Kasat Lantas AKP Agung Basuni S.H, S.I.K.
Kasat Reskrim AKP Deni Indrawan Lubis S.I.K, M.M.Kasat Narkoba AKP H. Manulang. Kapolsek Kotarih IPTU D. Panjaitan. Kbo Sat Intelkam IPTU T. Sihombing. Para Kanit Reskrim Polres Sergai, Camat Silindak Eldin Damanik. Manager PT. SRA Kec. Kotarih H. Siagian. Kabag HRD PT. Sara Kec. Kotarih Tomi Widiyanto Kurniawan. Asisten direksi PT. SRA Kec. Kotarih Darmawan. Staf Legal Humas PT. SRA Kec. Kotarih Dedi Irawan. Para Petugas Lapangan PT. SRA Kec. Kotarih Pengacara pihak Masyarakat Dam Hasonangan Harahap. Kepala Desa Sugai Buaya Kec. Kotarih Dedi Irawan, Kepala Desa Batu Masagi, Jasmani Sipayung dan Perwakilan masyarakat Penggarap.

Masukan dari pihak masyarakat yang diwakili Penasehat Hukum berharap dari kepada bapak Kapolres Serdang Bedagai agar pelaku pembacokan terhadap warga agar ditindak tegas.

Terjadi kemarahan masyarakat disebabkan oleh pihak PT. SRA yg mendatangkan alat berat dan membawa parang di area tersebut, sehingga masyarakat menjadi marah.

Dimohonkan agar masyarakat bisa mengambil hasil tanaman, karena masyarakat yang menanam Pohan sawit, apabila PT.SRA hendak menguasai lahan tersebut maka PT. SRA harus melakukan gugatan proses di pengadilan apabila PT. SRA menang maka pihak bisa menguasai lahan tersebut.

Sedangkan pendapat dari PT.SRA menyarankan agar masyarakat tidak ada Kegiatan masyarkat di area konflik, apabila setuju maka kami akan menarik alat berat tersebut.

Pihak PT.SRA siap menarik alat berat di area tersebut, sambil menunggu proses hasil persidangan di pengadilan.

Sementara itu Kapolres Sergai dalam arahanya mengharapkan Muspika harus menjaga situasi yg kondusif, agar tidak terjadi pertikaian antara Pihak PT.SRA dengan masyarakat.
Kapolsek lakukan monitoring situasi dan pengawasan, supaya tidak terulang lagi terjadi bentrok antara ke dua pihak.

Agar kedua pihak tenang jangan timbulkan permasala baru, sementara itu proses tetap akan berjalan sesuai dengan hukum yang berlaku. Pihak Kepolisian akan melakukan pengawasan antara kedua pihak, selama proses berjalan. Agar Kades monitor dan menghimbau warganya untuk menahan diri sehingga dapat terhindarkan tindakan yang tidak diinginkan.

Arahan Camat Silindak akan melakukan mediasi pada hari Jumat dari Pihak PT.SRA dengan pihak masyarakat Dsn VI Manguntas Desa Sungai Buaya Kec. Silindak untuk mencari solusi penyelesaian permasalahan antara pihak PT SRA dan Masyarakat Dsn IV Manguntas Desa Sungai Buaya Kec.Silindak, Kegiatan berlangsung dalam keadaan aman dan baik. (AfGans)