Kapolres Sergai dan Dinkes Bimtek Bahas Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19

136

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Sehubungan dengan situasi pandemi virus covid 19 yang kian hari semakin meningkat, Kapolres Serdang Bedagai, (Sergai) Polda Sumatera Utara AKBP Robin Simatupang bersama dengan Dinkes Pemkab Sergai melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek), kamis (19/08/2021), sekira pukul 10.00 wib bertempat di lapangan serbaguna Satlantas Polres Sergai.

Turut hadir dalam kegiatan bimtek ini yakni, Kasat Binmas AKP Syarifuddin, Urkes Polres Sergai, Kepala Dinas Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes. MM, Narasumber, Konsultan Unicef Sumut, Uus Sukmara, SKM, M. Epid, Narasumber, dr. Evraim Hutagalung, Kepala Bidang SDK, Nila Sari Siregar, SKM, Para Peserta Bimtek Vaksinasi Covid-19.

Diketahui uraian kegiatan tersebut diawali dengan Pembukaan oleh Protokol, kemudian Laporan Ketua Panitia oleh Kabid SDK Nila Sari Siregar, SKM.

Pada Kesempatan itu, Kadis kesehatan dr. Bulan Simanungkalit M. Kes.MM dalam arahannya menyampaikan, Terimakasih kepada Bapak Kapolres yang sudah memfasilitasi kami melaksa nakan kegiatan Bimtek kepada para Kapuskes dan Para Vaksinator di Kab. Sergai.

” Kepada para Kapuskes agar serius dan sama sama kita menekan penyeba ran Covid-19 ini. Kami mohonkan juga kepada Bapak Uus selaku Konsultan Unicef Sumut agar nantinya memberikan masukan dan ilmu untuk kami di Kab. Sergai” paparnya dalam arahanya.

Sementara itu, Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang dalam arahannya mengakui kekagumannya terhadap para ibu ibu Tenaga Kesehatan (Nakes) yang selalu tangguh melaksanakan Vaksinasi kepada masyarakat Kabupaten Sergai.

“Saya salut dengan ibu ibu sekalian yang selalu tangguh melakukan Vaksi nasi. Untuk itu Kita bersama Forkopimda tetap melakukan upaya upaya pence gahan agar wilayah kita menjadi zona hijau, Tetap patuhi protokol kesehatan” tuturnya.

“Kemarin kami melaksanakan Vidcom dengan Bapak Kapolri dan Panglima Serdang Bedagai yang di bahas karena angka terkonfirmasi tinggi dan angka kematian tinggi, oleh sebab itu, saya sudah perintahkan Bhabinkamtibmas untuk mendampingi dan mengawal para Nakes untuk melaksanakan tugasnya” ungkapnya.

Lanjutnya, Kelemahan kita disini adalah belum adanya alat PCR kita di Kab. Sergai, sehingga menunggu hasil keluar lama dan masyarakat yang orang tanpa gejala (OTG) berkeliaran menunggu hasil PCR.

” Saya sudah usulkan alat PCR dan Swab Antigen agar dapat mendeteksi penyebaran Covid-19 di Kab Sergai. Kita harus bekerja dengan Hati, Kasih dan Cinta agar kerja kita terlaksana dengan baik” Ujarnya berharap.

Materi pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 oleh Konsultan Unicef Sumut Uus Sukmara, SKM, M. Epid Ini juga membahas tentang penyebaran virus covid 19 yang terjadi di tubuh manusia

“Kepada para ibu dan bapak bahwa menyebarnya Virus Covid-19 7 – 21 Hari, sehingga setelah 21 Hari ketika tidak ada gejala dia sudah sembuh. Maka dari itu, Strategi kontak erat adalah Karantina atau Isolasi. Ketika orang sudah positif maka langsung lakukan Isolasi” Jelasnya.

Sedangkan Materi Bimtek oleh dr. Evraim Hutagalung membahas, hal hal sebagai berikut, Cara penularan Virus Covid-19, Mekanisme Vaksinasi, Vaksinasi terhadap Ibu Hamil umur 13 minggu dengan tensi tidak lebih dari 140, Jenis jenis Vaksin terhadap ibu Hamil (Sinovac, Moderna yang sudah di Rekomendasikan), Vaksinasi terhadap anak anak.

” Apabila masyarakat yang terkonfirmasi gejala sedang harus di Rawat ke RS” Paparnya. (AfGans)