Kapolres Hadiri Pendistribusian Logistik dan Pemusnahan Kelebihan Surat Suara Pemilu 2024 di Gudang KPU Tebing Tinggi

49

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Kapolres Tebing Tinggi AKBP Andreas LJ Tampubolon, S.I.K, M.K.P yang diwakili Kabag Ops Polres Tebing Tinggi Kompol Yengki Deswandi, SH menghadiri kegiatan pendistribusian Logistik Pemilu Tahun 2024 dan pemusnahan kelebihan surat suara Pemilu 2024 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tebing Tinggi . Acara tersebut berlangsung pada Selasa (13/2/2024) di Gudang Logistik KPU Jalan Imam Bonjol, Kota Tebing Tinggi.

Pengecekan kelebihan surat suara dan surat suara rusak Pemilu tahun 2024 Kota Tebing Tinggi dilakukan oleh Bawaslu Kota Tebing Tinggi. Adapun kelebihan surat suara dan surat suara rusak Pemilu tahun 2024 Kota Tebing Tinggi yang dimusnahkan terdiri dari;

– Surat suara lebih
a. Surat Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 565 lembar
b. Surat Suara Pemilu anggota DPR sebanyak 315 lembar
c. Surat Suara Pemilu anggota DPD sebanyak 866 lembar
d. Surat Suara Pemilu anggota DPRD Provinsi sebanyak 45 lembar
e. Surat Suara Pemilu anggota DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 164 lembar terdiri dari; Dapil Kota Tebing Tinggi 1 sebanyak 79 Lembar, Dapil Kota Tebing Tinggi 2 sebanyak 7 Lembar dan Dapil Kota Tebing Tinggi 3 sebanyak 78 Lembar.

– Surat suara rusak
a. Surat Suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden sebanyak 7 lembar
b. Surat Suara Pemilu anggota DPR sebanyak 51 lembar.
c. Surat Suara Pemilu anggota DPD sebanyak 48 lembar
d. Surat Suara Pemilu anggota DPRD Provinsi sebanyak 84 lembar.
e. Surat Suara Pemilu anggota DPRD Kabupaten/Kota sebanyak 67 lembar terdiri atas Dapil Kota Tebing Tinggi 1 sebanyak 21 Lembar, Dapil Kota Tebing Tinggi 2 sebanyak 40 Lembar dan Dapil Kota Tebing Tinggi 3 sebanyak 6 Lembar.

Pemusnahan kelebihan surat suara dan surat suara rusak Pemilu tahun 2024 Kota Tebing Tinggi dilakukan oleh Ketua KPU Kota Tebing Tinggi yang disaksikan oleh Forkopimda Kota Tebing Tinggi serta Bawaslu Kota Tebing Tinggi.

Mengawali sambutannya, Ketua KPU Kota Tebing Tinggi mengatakan telah sama – sama melakukan pemusnahan kelebihan surat suara Pemilu tahun 2024 dan pelepasan logistik.

“Hari ini kita akan mendistribusikan 2.585 kotak suara setelah hasil packing yang kami lakukan selama 2 minggu. Kegiatan Pemilu tinggal hitungan jam lagi, besok kita akan melaksanakan pungut dan hitung suara, kami meminta doa sebagai penyelenggara Pemilu dapat menyelesaikan Pemilu ini dalam keadaan sehat. Apapun hasil ini nantinya adalah hasil yang terbaik pilihan masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Pj. Walikota Tebing Tinggi berharap Pemilu dapat berjalan dengan sebaik – baiknya. Kita semua mendukung kegiatan ini, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan Nasional, mari kita selesaikan Pemilu ini dengan profesional.

“Kondisi geografis kita sangat baik tidak seperti di beberapa daerah lainnya. Kita harus pertahankan partisipasi Pemilih yang mencapai 83 persen, masih ada 1 hari lagi untuk kita mempertahankan partisipasi pemilih ini, mari aktifkan medsos guna mengajak masyarakat untuk datang ke TPS. Kepada rekan – rekan pengamanan mari jaga keselamatan dan kesehatan, kita adalah manusia, semoga personil pengamanan diberikan keselamatan dan kesehatan,” pungkasnya.

Selanjutnya, pelepasan distribusi Logistik Pemilu Kota Tebing Tinggi menuju Kantor PPK dilepas oleh Pj. Walikota Tebing Tinggi didampingi Ketua KPU, Bawaslu serta unsur Forkopimda Kota Tebing Tinggi.

Jumlah Logistik Pemilu KPU Kota Tebing Tinggi yang didistribusikan ke masing – masing PPK dengan perincian sebagai berikut;

A. Kecamatan Padang Hilir
1). Kotak Suara Berisi Logistik Pemilu sebanyak 570 buah dengan rincian :
a. Kotak Suara Presiden sebanyak 114 Buah.
b. Kotak Suara DPR RI sebanyak114 Buah.
c. Kotak Suara DPD sebanyak 114 Buah.
d. Kotak Suara DPRD Provinsi sebanyak Buah.
e. Kotak Suara DPRD Kota Tebing Tinggi sebanyak 114 Buah.
2). Kantong Plastik Berisi Logistik Pemilu sebanyak 114 Bungkus.
3) Bilik Suara sebanyak 456 Buah.

B. Kecamatan Padang Hulu
1). Kotak Suara Berisi Logistik Pemilu sebanyak 455 buah dengan rincian :
a. Kotak Suara Presiden sebanyak 91 Buah.
b. Kotak Suara DPR RI sebanyak 91 Buah.
c. Kotak Suara DPD sebanyak 91 Buah.
d. Kotak Suara DPRD Provinsi sebanyak 91 Buah.
e. Kotak Suara DPRD Kota Tebing Tinggi sebanyak 91 Buah.
2). Kantong Plastik Berisi Logistik Pemilu sebanyak 91 Bungkus.
3) Bilik Suara sebanyak 364 Buah.

C. Kecamatan Rambutan
1). Kotak Suara Berisi Logistik Pemilu sebanyak 565 buah dengan rincian :
a. Kotak Suara Presiden sebanyak 113 Buah.
b. Kotak Suara DPR RI sebanyak 113 Buah.
c. Kotak Suara DPD sebanyak 133 Buah.
d. Kotak Suara DPRD Provinsi sebanyak 113 Buah.
e. Kotak Suara DPRD Kota Tebing Tinggi sebanyak 113 Buah.
2). Kantong Plastik Berisi Logistik Pemilu sebanyak 113 Bungkus.
3) Bilik Suara sebanyak 452 Buah.

D. Kecamatan Tebing Tinggi Kota
1). Kotak Suara Berisi Logistik Pemilu sebanyak 420 buah dengan rincian :
a. Kotak Suara Presiden sebanyak 84 Buah.
b. Kotak Suara DPR RI sebanyak 84 Buah.
c. Kotak Suara DPD sebanyak 84 Buah
d. Kotak Suara DPRD Provinsi sebanyak 84 Buah.
e. Kotak Suara DPRD Kota Tebing Tinggi sebanyak 84 Buah.
2). Kantong Plastik Berisi Logistik Pemilu sebanyak 84 Bungkus.
3) Bilik Suara sebanyak 336 Buah.

E. Kecamatan Bajenis
1). Kotak Suara Berisi Logistik Pemilu sebanyak 575 buah dengan rincian :
a. Kotak Suara Presiden sebanyak 115 Buah.
b. Kotak Suara DPR RI sebanyak 115 Buah.
c. Kotak Suara DPD sebanyak 115 Buah.
d. Kotak Suara DPRD Provinsi sebanyak 115 Buah.
e. Kotak Suara DPRD Kota Tebing Tinggi sebanyak 115 Buah.
2). Kantong Plastik Berisi Logistik Pemilu sebanyak 115 Bungkus.
3) Bilik Suara sebanyak 460 buah.

Terpisah, Kasi Humas Polres Tebing Tinggi AKP Agus Arianto mengatakan, bahwa pemusnahan kelebihan surat suara dan surat suara rusak Pemilu tahun 2024 Kota Tebing Tinggi dilakukan agar kelebihan surat suara tidak dipergunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Pemusnahan kelebihan surat suara dan surat suara rusak Pemilu tahun 2024 Kota Tebing Tinggi sesuai dengan Berita Acara KPU Kota Tebing Tinggi Nomor: 134 /PP.08.BA/1276/2024 dan Nomor: 134 /PP.08.BA/1276/2024

“Pendistribusian Logistik Pemilu tahun 2024 untuk Kota Tebing Tinggi menggunakan 11 unit armada pengangkutan yang akan didistribusikan langsung ke 35 PPS yang ada di Kota Tebing Tinggi. Selama kegiatan pendistribusian Logistik Pemilu tahun 2024 Kota Tebing Tinggi dilakukan pengamanan dan pengawalan oleh personil Polres Tebing Tinggi,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan, Pj. Walikota Tebing Tinggi Drs Syarmadani, M.Si, Dandim 0204 / DS yang diwakili oleh Danramil 13 / TT Kapten Inf. Yudi Chandra, Kajari Tebing Tinggi diwakili Kasi Intel Hiras A. Silaban, SH, MH, Ketua KPU Kota Tebing Tinggi H. Emil Sofyan, S.Pdi, Komisioner Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi KPU Kota Tebing Tinggi Leonard Varera Tampubolon, Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Kota Tebing Tinggi Syaifuddin Okta Rambe, Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan SDM M. Iqbal, Komisioner Divisi Hukum dan Pengawasan M. Syahri Ramadhan Damanik, Sekretaris KPU Kota Tebing Tinggi Naharuddin, Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Kota Tebing Tinggi Elfian Choky Nasution, S.Sos, Kordiv Penanganan Pelanggaran Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Tebing Tinggi Lambok Simbolon, Kasat Pol PP Y.B Hutapea, Plt. Kaban Kesbangpollinmas Abdul Halim Purba S.STP, MSi, Kapolsek Padang Hilir AKP Sulem Sigalingging, Kapolsek Rambutan AKP Suhaily A. Hasibuan, SH, Kapolsek Padang Hulu AKP Marolop Samosir, PPK se Kota Tebing Tinggi dan Panwascam se Kota Tebing Tinggi. (ar)