Kanwil DJP Sumut I Kukuhkan 253 Relawan Pajak 2023

223

MEDAN ketikberita.com | Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) Sumatera Utara I menyelenggarakan pengukuhan relawan pajak tahun 2023 di Aula Istana Maimun Kanwil DJP Sumatera Utara I pada Senin, 13 Februari 2023 secara hybrid. Kegiatan diikuti oleh 253 Relawan Pajak yang telah dinyatakan lulus seleksi.

Program Relawan Pajak merupakan program rutin DJP yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Program ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kepatuhan wajib pajak (WP) serta mendorong implementasi kegiatan peyuluhan perpajakan yang melibatkan pihak ketiga.

Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Bismar Fahlerie dalam sambutannya melaporkan bahwa program Relawan Pajak telah dilaksanakan sejak tahun 2017 dengan melakukan piloting standarisasi proses bisnis yang meliputi pendaftaran, pelatihan, penyeleksian, dan pendayagunaan Relawan Pajak. Kegiatan pengukuhan merupakan tahap ke-tujuh dalam rangkaian kegiatan Relawan Pajak.

“Relawan Pajak 2023 berjumlah 253 orang dengan rincian 245 Relawan Pajak mahasiswa dan 8 (delapan) Relawan Pajak non mahasiswa. Tim rekrutmen Relawan Pajak tahun 2023 adalah Kanwil DJP Sumatera Utara I bersama 9 (sembilan) organisasi mitra perguruan tinggi, yang terdiri dari Universitas Sumatera Utara, Universitas HKBP Nomensen, Universitas Methodist Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Universitas Pembangunan Panca Budi, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia, Politeknik Negeri Medan, dan Universitas IBBI. Relawan Pajak akan diberdayakan pada 9 (sembilan) Kantor Pelayanan Pajak (KPP) di lingkungan Kanwil DJP Sumatera Utara I,” ujar Bismar Fahlerie.

Program Relawan Pajak 2023 turut melibatkan Ketua Asosiasi Konsultan Pajak Publik Indonesia (AKP2I) Sumatera Utara, Ketua Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) Medan, Ketua Perhimpunan Indonesia Tionghoa (INTI) Sumatera Utara, Founder Mowiee Indonesia, dan lima dosen perguruan tinggi sebegai Relawan Pajak non mahasiswa.

Eddi Wahyudi Kepala Kanwil (Kakanwil) DJP Sumatera Utara I menyampaikan kegiatan Relawan Pajak merupakan salah satu wujud bela negara dalam berkolaborasi membangun negeri. Para Relawan Pajak tahun 2023 memegang peranan penting dalam membantu pelayanan kepada WP yaitu asistensi pelaporan SPT tahunan dan pemadanan Nomor Induk Kependudukan (NIK) menjadi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

“Relawan Pajak merupakan pekerjaan yang mulia, dengan sama-sama membantu masyarakat dalam melaporkan SPT tahunannya, teman-teman sudah ikut berkontribusi menjaga kepatuhan pajak dan membantu 270 juta rakyat Indonesia yang bergantung pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Karena lebih dari 70% penerimaan negara pada APBN bersumber dari pajak. Untuk itu, selalu jaga amanah dan integritas dalam pelaksanaan tugas serta layani wajib pajak dengan sepenuh hati,” kata Eddi Wahyudi.

Kakanwil DJP Sumatera Utara I memakaikan rompi sebagai simbol pengukuhan kepada dua perwakilan Relawan Pajak yang berhasil meraih nilai tertinggi pada proses seleksi, yaitu Louis Yap dari Universitas Sumatera Utara dan Ester Yolanda br. Simangunsong dari Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia. Prosesi pengukuhan dilengkapi dengan pembacaan kode etik Relawan Pajak.

Alween Ong Founder Mowiee Indonesia menyampaikan commitment speech relawan pajak non mahasiswa. Beliau menyatakan “Tahun 2023 merupakan tahun pertama saya bergabung dalam kegiatan Relawan Pajak. Sebagai wiraswasta, saya bersedia membantu pemerintah dalam meneruskan informasi perpajakan. Selama ini teman-teman usahawan apabila mendengar kata pajak biasanya takut.

Saya berharap dengan keikutsertaan saya pada program ini, saya bisa membantu Kanwil DJP Sumatera Utara I dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak usahawan. Dengan ini saya siap menyukseskan kegiatan Relawan Pajak tahun 2023.”

Pada kesempatan tersebut Kakanwil DJP Sumatera Utara I mengucapkan terima kasih kepada para Relawan Pajak dan seluruh pihak yang terlibat. Eddi Wahyudi berharap semoga kerja sama yang telah dibangun selama ini dapat terjalin dengan baik sehingga memberikan hasil yang optimal khususnya bagi kesadaran pajak di masyarakat dan kepatuhan perpajakan bagi wajib pajak. Kegiatan pengukuhan Relawan Pajak tahun 2023 ditutup dengan foto bersama dan technical meeting. (r/red)

 

Artikulli paraprakHadiri Pelantikan PAW Sisa Periode 2019-2024, Aulia Rachman: Makin Perkuat Kinerja DPRD Medan
Artikulli tjetërBobby Nasution Boyong Camat Studi Banding ke Desa Paling Bersih di Dunia