Kantor Staf Kepresidenan Fasilitasi Pertemuan antara Masyarakat Kel Gurilla dengan PTPN III

352

P. SIANTAR (Sumut) ketikberita.com | Perwakilan masyarakat Kelurahan Gurilla, Kecamatan Siantar Sitalasari menghadiri pertemuan di hotel Sapadia yang di hadiri Walikota Pematangsiantar, Kejari Pematangsiantar, Kakantah ATR/BPN Siantar, PTPN III, Kapolres pematangsiantar, serta Tenaga pelaksana dari kantor staf presiden, Sahat M Lumbanraja (Tenaga ahli madya) dan Imanta Ginting (Tenaga ahli muda) terkait laporan dan permohonan masyarakat kasus/aduan isu agraria & pertanahan kepada Kantor Staf Presiden, Jumat (04/11/22).

Kegiatan ini menurut Sahat M. Lumbanraja (foto), dimaksudkan untuk mengumpulkan informasi baik dari masyarakat maupun pihak PTPN III, juga untuk mencari opsi opsi penyelesaian atas permasalahan lahan antara masyarakat dan PTPN III dan mendorong serta mengawal kasus ini agar dapat di selesaikan secepat mungkin.

Sahat juga mengimbau kepada aparat keamanan agar dapat menjaga situasi dilapangan tetap kondusif.

Untuk sekedar diketahui permasalahan ini mengemuka dikarenakan lahan yang telah di kuasai masyarakat sejak 18 tahun silam ini akan diambil alih oleh PTPN III.

Beberapa masyarakat mengutarakan bahwa lahan yang telah mereka garap seketika digusur PTPN III. Sehingga, beberapa tanaman yang mereka tanami habis tak tersisa sehingga menimbulkan kerugian.

Oleh sebab itu dalam pertemuan ini masyarakat Gurilla yang tergabung dalam FUTASI (Forum Tani Sejahtera Indonesia) melalui Konsorsium pembaharuan agraria berharap agar pihak PTPN, pihak Kepolisian dan TNI agar menarik diri dari lahan yang sudah mereka kerjakan dan agar diperbolehkan untuk kembali bertani karena itu adalah sumber pendapatan mereka.

Menurut Jacob Kappuw dari konsorsium pembaharuan agraria (KPA) awalnya total lahan ini 126 hektar, Namun setelah dipotong pembangunan ringroad dan pembangunan jalan tol dan lahan yang digarap masyarakat saat ini adalah seluas 66 hektar dan dihuni kurang lebih 200 kepala keluarga (KK) atau sekitar 1.300 jiwa. Di lahan tersebut, masyarakat telah mendirikan rumah, rumah ibadah, dan lahan pertanian.

Kemudian pada pukul 15.00 -16.00 wib. Tenaga pelaksana tugas kantor staf presiden mengunjungi untuk tujuan memverifikasi lokasi lahan yang menjadi permasalahan antara masyarakat dan PTPN III di kelurahan Gurilla kecamatan Siantar Sitalasari. (Herry)