Kades Di Konfirmasi Soal TPT, Jawabannya : Sedang Sibuk dan Belum Cair

479

SERANG (Banten) ketikberita.com | Proyek pembangunan TPT (tembok penahan tanah) di Desa Tirtayasa RT 03/ RW 01, Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang dalam pelaksanaannya di duga tidak sesuai spek dan pada pondasi tidak di gali .

Pantauan awak media di lokasi kegiatan dalam keadaan sepi, tidak ada aktivitas,tidak ada pekerja atau petukang, Jumat (03/12/2021).

Saat awak media mendatangi kantor Desa Tirtayasa,TPK (tim pengelola kegiatan), H. Rusdi sedang tidak berada ditempat, yang ada Kepala Desa dan perangkat desa,Amri.

Di soal tidak adanya galian pada TPT dan kurangnya volume, Amri menyatakan pasangan batu pada bagian dasar/pondasi memang sengaja tidak di gali.

“Tembok penahan tanah itu emang tidak di gali,karena kalau di gali justru tanah yang kerasnya akan keluar ,ini kan tanah pesawahan tidak di gali juga gak apa apa,”Jelasnya.

“Untuk panjang 276 meter ,lebar pondasi bawah 60 centi ,lebar pondasi atas 30 centi dan tinggi 90 centi dan tidak di gali,”Jelasnya kembali.

Di tempat yang sama,Kepala Desa Tirtayasa saat di konfirmasi mengenai pekerjaan TPT,hanya mengatakan sedang sibuk dan belum cair .

“Tenang ajah,entar lain waktu lagi,saya lagi sibuk dan belum cair,entar ke sini lagi yah,”
Katanya singkat.

Hasil monitoring awak media di lokasi pekerjaan, tercatat pada bagian bawah tidak digali dan ketinggian kurang 15 centi.

Berdasarkan informasi di PIP, biaya untuk TPT sebesar 106.973.100 dengan waktu pelaksanaan 90 hari kalender, sumber anggaran dari Dana Desa 2021. (tis /him)