Kabupaten/Kota Sehat, Masuk Dalam Indikator RPJM

416

ACEH TAMIANG ketikberita.com | Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tamiang Drs. Asra menghadiri sekaligus membuka Pertemuan Koordinasi Forum Kabupaten Kota Sehat Program upaya Kesehatan Masyarakat, pada selasa (5/10/21) bertempat di Aula Hotel Grand Arya.

Sekda Asra menyampaikan menyampaikan program ini mencakup multi sektor dan multi stakeholder, memiliki pendekatan yang luas dalam aspek pembangunan daerah. Salah satu aspek utamanya ialah mendorong masyarakat agar aktif dan peduli terhadap lingkungannya.

“Program ini juga menjadi salah satu indikator pembangunan RPJM 2020-2024”, sebut Sekda.

Ia menjelaskan, Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi Kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang di sepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Penyelenggaraannya, ungkap Asra.

Disebutkan, melalui berbagai kegiatan seperti pemberdayaan masyarakat dan melalui forum yang di fasilitasi oleh pemerintah kabupaten kota. Sejatinya, tercapainya kondisi Kabupaten Kota yang sehat dapat meningkatkan sarana dan produktifitas serta perekonomian masyarakat.

“Untuk indikator penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat terdapat 9 tatanan didalamnya, dan juga melibatkan Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pendidikan, Kementerian Pertanian, Kementerian Kehutanan, Kementerian Pariwisata, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial, Kementerian PUPR , dan Kementerian Lingkungan Hidup,” jelasnya.

Dalam Laporan Kadis kesehatan, Jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan ini berjumlah 58 orang terdiri dari instansi dan LSM terkait. (ABS)