Jelang Pemilu, Bhabinkamtibmas Polsek Rambutan Edukasi Masyarakat Terkait Berita Hoax

40

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Pemilu semakin dekat, Bhabinkamtibmas Polsek Rambutan Polres Tebingtinggi Aipda I. Siregar lakukan kegiatan sambang kepada masyarakat dalam rangka menyongsong Pemilu 2024.

Kegiatan sambang itu digelar di Jalan H.M. Yamin, Kelurahan Tanjung Marulak Hilir, Kecamatan Rambutan, Kota Tebingtinggi, tepatnya Senin (04/12/2023).

Dalam sambang itu, bhabinkamtibmas menyampaikan kepada masyarakat untuk lebih teliti dalam menerima informasi dari internet dan media sosial yang sering digunakan untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat, terlebih saat ini, isu-isu politik jelang pemilu kerap kali disebarkan lewat internet dan media sosial.

Oleh sebab itu, hendaklah teliti dalam menerima informasi dari internet maupun media sosial. Dimana kedua akses informasi itu, kerap jali disalahgunakan sehingga dapat menyebabkan perpecahan, terutama jika didalamnya terdapat ujaran kebencian dan SARA (suku, agama, ras, dan antar golongan).

“Jangan sembarangan membuat konten politik dimedia sosial jika tidak diketahui sumber dan kebenarannya, karena dapat menyebabkan disinformasi dimedia sosial,” kata Bhabinkamtibmas.

Selain itu masyarakat juga harus menyadari dampak disinformasi berita politik dapat menurunkan kualitas pemilu, mengancam demokrasi hingga menyebabkan konflik sosial. (ar)