Jalin Komunikasi dan Silaturrahmi, Polres Tebing Tinggi Sambangi Tokoh Agama Guna Menjaga Situasi Kamtibmas di Bulan Ramadhan 1444 H

145

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Polres Tebingtinggi dipimpin Kapolres AKBP Mochamad Kunto Wibisono, SH. SIK, M.Si, laksanakan kegiatan Sambang dan Silaturrahmi ke Tokoh Agama (Toga), Selasa (28/3/2023), sekira pukul 09.30 WIB.

Kegiatan sambang dan silaturrahmi ini dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di wilayah hukum Polres Tebingtinggi pada saat bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H di tahun 2023 dan kegiatan ini dilakukan sesuai arahan dari Kapolda Sumut agar selama bulan suci Ramadhan seluruh pimpinan jajaran Polres agar menjalin komunikasi dan silaturahmi ke tokoh – tokoh agama di wilayah hukumnya masing-masing.

Adapun tokoh agama yang disambangi ataupun dikunjungi Kapolres Tebingtinggi beserta personil Polres yakni rumah kediaman ustadz Amirullah Lubis yang beralamat di Kampung Turi Lingkungan V, Kelurahan Persiakan, Kecamatam Padang Hulu Kota Tebingtinggi.

Pada kesempatan itu, Kapolres AKBP Mochamad Kunto Wibisono meminta kepada tokoh agama Kota Tebingtinggi untuk bersinergi dan mendukung Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas dan mengajak untuk bersama-sama memberikan himbauan kepada masyarakat agar terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif pada bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idulul Fitri. Himbauan bisa disampaikan melalui dakwah/tausiyah dan khutbah, bisa juga melalui video testimoni agar diketahui masyarakat luas sesuai dengan adanya Fatwa MUI No. 02 dan No. 03 tahun 2017, sebut Kapolres.

Diharapkan bagi tokoh agama dapat menyampaikan dalam tausiyahnya pesan kepada jamaah yang mempunyai anak agar mengontrol anaknya untuk tidak membakar petasan sebab dapat mengganggu kenyamanan dalam beribadah Ramadhan dan melarang muda mudi melakukan asmara subuh sebab itu haram hukumnya terlebih di Ramadhan serta menyampaikan pesan moral bagi masyarakat yg tidak berpuasa agar menghormati (bertoleransi) terhadap masyarakat yang melaksanakan ibadah puasa, pinta AKBP Kunto Wibisono.

Ditambahnya, selama bulan suci Ramadhan 1444 H ini, Kami Polres Tebingtinggi dalam menjaga situasi Kamtibmas di wilayah Kota Tebingtinggi, Polres Tebing Tinggi, telah melakukan pengamanan terbuka pada saat ibadah Sholat Tarawih di masjid-masjid serta telah membentuk tim Patroli Blue Light sebagai antisipasi asmara subuh dan mencegah kenakalan remaja seperti aksi tawuran, bermain petasan, balap liar serta perbuatan lain yang melanggar hukum selama bulan suci Ramadhan di wilayah hukum Polres Tebingtinggi, ujar Kapolres dalam kegiatan sambang dan silaturrahmi itu.

Turut serta mengikuti kegiatan bersama Kapolres yakni Kabag Ren Polres Kompol Anjas Asmara Siregar, S.Sos, M.H, Kasat Intelkam AKP Suparmen, Kaur Bin Ops Sat. Intelkam Iptu Rudi Asman serta staf Sat Binmas Bripka Andy Oki Manalu. (ar)