Insya Allah Kamis Puasa, Bobby Nasution: Mari Saling Menghargai & Jaga Kesucian Bulan Ramadhan

67

MEDAN ketikberita.com | Penetapan 1 Ramadhan 1444 H yang bertepatan dengan Hari Raya Nyepi diharapkan Wali Kota Medan Bobby Nasution kiranya dapat dimaknai sebagai sebuah momentum untuk saling menghargai antar umat beragama. Selain itu, menjadi wujud kekayaan akan ragam etnis, suku, budaya dan agama yang menghiasi Indonesia, termasuk Kota Medan.

“Setelah tadi kita lihat, insya Allah awal Ramadhan akan jatuh pada Kamis esok. Artinya, malam ini umat Muslim akan mulai melaksanakan Shalat Tarawih. Ini menjadi warna tersendiri, karena malam Tarawih kita bertepatan dengan Hari Raya Nyepi. Kita berharap, apa yang ada dimaknai sebagai sebuah kekayaan dan momentum untuk tetap saling menghargai, ” kata Bobby Nasution usai melakukan Rukyatul Hilal Penentuan Awal Ramadan 1444 H di Gedung Observatorium Ilmu Falak (OIF) UMSU Jalan Denai, Rabu, (22/3) petang.

Menantu Presiden RI Joko Widodo ini mengaku, bersyukur karena masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk bisa melihat hilal guna penetapan 1 Ramadhan.

“Alhamdulillah, kita semua di sini bisa sama-sama menjadi saksi untuk melihat hilal dalam menentukan 1 Ramadhan. Mudah-mudahan kita senantiasa diberikan kesehatan dan kesempatan untuk beribadah satu bulan penuh dan bertemu dengan bulan Syawal nantinya, ” harapnya.

Di kesempatan itu, orang nomor satu di Pemko Medan tersebut berharap agar masyarakat Kota Medan khususnya dapat saling menghargai baik bagi yang menjalankan ibadah puasa maupun tidak. “Kita jaga bersama kesucian bulan yang penuh berkah ini, ” ajaknya.

Terakhir, Bobby Nasution berharap ibadah yang dijalankan selama bulan Ramadhan dapat menjadikan diri, khususnya umat Muslim menjadi makhluk Allah yang lebih baik lagi ke depannya. “Kiranya ibadah kita diberkahi Allah SWT dan senantiasa pula memohon ridha dari-Nya” pungkasnya.

Saat melakukan Rukyatul Hilal, Bobby Nasution turut didampingi sejumlah alim ulama, Rektor UMSU Agussani , Ketua MUI Kota Medan Hasan Matsum, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Medan Impun Siregar serta pimpinan perangkat daerah terkait. Usai itu, Bobby Nasution beserta rombongan melaksanakan ibadah Shalat Maghrib berjamaah. (er)