Ini Bukti Bobby Nasution Berhasil Mempercepat Pemulihan Ekonomi Medan

157

MEDAN ketikberita.com | Upaya Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam menangani pendemi Covid-19 sejalan dengan akselerasi pemulihan ekonomi di Kota Medan. Sebab, status Kota Medan yang sudah berada di level 2 pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) kembali memberikan dan membuka ruang bagi para pelaku usaha dan ekonomi untuk memulai kembali aktifitasnya namun tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Selain itu pemulihan ekonomi yang dilakukan juga berbanding lurus dengan akselerasi vaksinasi. Terbukti, hingga 23 November lalu, capaian vaksinasi Kota Medan sudah menyentuh angka 76,60 % (dosis pertama) dan 67,04 % (dosis kedua). Tingginya capaian vaksinasi yang sudah melampaui target 70 % tersebut tentu mempengaruhi daya akselerasi pemulihan ekonomi.

Bukan itu saja, kerja keras Bobby Nasution juga berhasil membuat angka kasus Covid-19 menurun. Bahkan, dalam beberapa hari terakhir, tidak terjadi kasus terkonfirmasi positif alias nihil atau nol kasus. Bahkan, pasca dibukanya kembali Kesawan City Walk (KCW), Jum’at (19/11) lalu sebagai upaya Bobby Nasution untuk menggeliatkan kembali perekonomian Kota Medan, tidak ada terjadinya kasus penyebaran Covid-19.

“Alhamdulillahbdalam beberapa hari belakangan ini, angka kasus Covid-19 nihil alias nol kasus. Untuk itu, kelandaian kasus ini mari sama-sama kita jaga agar sendi kehidupan baik itu sosial, politik, terutama ekonomi tidak jatuh drastis dan kritis. Apalagi, capaian vaksinasi kita juga sudah melampaui target. Artinya, aktifitas masyarakat sudah mulai dilonggarkan naum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat,” kata Bobby Nasution beberapa hari lalu.

Sambutan baik pun disampaikan akademisi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) Indra Fauzan SHI MSoc Sc PhD. Ia mengatakan, Bobby Nasution telah berusaha keras untuk memulihkan ekonomi Kota Medan dengan upaya peningkatan vaksinasi. “Kita bisa melihat betapa masifnya vaksinasi yang dilakukan Pemko Medan, termasuk berkolaborasi dengan berbagai institusi seperti universitas,” ungkap Indra ketika dihubungi, Minggu (28/11).

Selanjutnya Indra mengungkapkan, capaian vaksinasi tersebut tentunya dilakukan agar ekonomi menggeliat kembali. Salah satu contohnya, imbuhnya, Kesawan City Walk (KCW) yang sudah mulai aktif kembali. “Bahkan, kita berharap hal tersebut juga dapat menyebar ke kegiatan perekonomian lainnya seperti hunian hotel, tempat perbelanjaan tradisionil dan modern, juga geliat UMKM dan lainnya,” harapnya.

Nihilnya angka kasus Covid-19 dinilai Indra adalah capaian yang luar biasa. Dengan capaian tersebut, lanjutnya, tentunya menjadi berita baik bagi pelaku industri kecil dan menengah, pariwisata dan sektor lainnya. “Saya yakin Wali Kota dan jajarannya berkomitmen terhadap keselamatan warga dan juga menjaga perekonomian tetap stabil dan percepatan pembangunan dapat terlaksana,” tambahnya optimis.

Meski demikian Indra berpesan agar komitmen Bobby Nasution dalam penanganan Covid-19 untuk percepatan pemulihan ekonomi Kota Medan, juga harus diikuti para jajarannya di lingkungan Pemko Medan. “Birokrasi melayani harus tetap terus dilakukan. Insya Allah, Kota Medan, terutama sektor perekonomiannya bisa pulih kembali,” pungkasnya. (er)