IAIN Langsa Wisudakan 542 Sarjana dan Magister

148

LANGSA (Aceh) Ketikberita.com | Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa Dr. Basri, MA mengukuhkan wisudawan saat kegiatan Wisuda Sarjana dan Magister Tahap II Tahun 2021, bertempat di Aula Laboratorium Terpadu kampus setempat, Rabu (27/10/2021).

Kali ini IAIN Langsa mewisuda sebanyak 542 wisudawan yang terdiri dari Sarjana Strata Satu (S-1) 475 lulusan dan Magister Strata Dua (S-2) 67 lulusan.

Kegiatan wisuda ini dilaksanakan secara daring dan luring selama tiga hari pada tanggal 27 sampai 28 Oktober dan 1 November 2021. Proses penyematan toga dibagi ke dalam 2 sesi setiap harinya.

Dalam laporannya, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan IAIN Langsa Dr. M. Suhaili Sufyan, MA mengutarakan, dari 475 wisudawan S-1, sebanyak 184 berasal dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), 75 berasal dari Fakultas Syariah (Fasya), 64 berasal dari Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD), dan 152 berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Selanjutnya Rektor IAIN Langsa Dr. Basri, MA mengatakan, acara wisuda memang merupakan akhir dari satu tahapan formal untuk belajar, tetapi bukan akhir dari kegiatan belajar.

“Satu-satunya cara bagi seorang sarjana untuk dapat menjaga dan membangun reputasi kesarjanaannya adalah dengan terus belajar,” ujar Dr. Basri.

Rektor juga berpesan agar para wisudawan terus belajar dan mengembangkan potensi diri agar menjadi sarjana dan magister yang unggul, berdaya saing tinggi, dan bermanfaat bagi ummat.

Dengan perkembangan teknologi dan informasi dalam segala bidang yang memiliki sisi positif dan negatifnya, Rektor memberikan pesan kepada wisudawan untuk mempersiapkan diri dengan matang dalam menghadapinya.

“Persiapkanlah diri yang cukup matang untuk menghadapi era global ini, tidak hanya memadai kompetensi dan keahlian dalam bidang masing-masing, akan tetapi jauh lebih penting harus memadai dalam sisi moralitas, integritas, dan keimanan yang kuat,” imbuh Rektor.

Bertindak sebagai penyampai orasi ilmiah pada kegiatan wisuda kali ini yakni Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora M.Sc dengan mengusung tema “Mengabdikan Intelektualitas untuk Negeri Menuju Indonesia Maju Post pandemi.”

Dalam orasinya, Dr. Marjoni menyampaikan ada empat kiat sukses wisudawan dalam mengantarkan Indonesia Maju.

“Yang pertama adalah Azam atau Niat yang kuat. Selanjutnya, ikuti Azam tadi dengan kerja keras, kerja tuntas, dan kerja ikhlas. Ketiga yakni bertawakkal kepada Allah dan yang terakhir mintalah do’a kepada kedua orang tua kita,” jelas Marjoni. (AA)