Hingga Dulu Sampai Sekarang Masyarakat Desa Suka Damai Belum Bisa Merasakan Sarana Air Bersih

414

ACEH SINGKIL (Aceh) ketikberita.com | Saluran Pipa milik PDAM Tirta Singkil yang telah lama bersemedi dan tertanam di wilayah Desa Suka Damai, dan juga Desa tetangganya Desa Pemuka Kecamatan Singkil, Kabupaten Aceh Singkil sejak pertama dibangun hingga sekarang belum mengalirkan air. Rabu, (10/5/2023).

Mijah perwakilan dari kalangan emak – emak Kampung Suka Damai merasa mengeluh dan kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari – sehari seperti memasak, menyuci dan lain – lain. Karena selama ini kami menggunakan air pompa daf itupun airnya keruh berwarna hitam kecoklatan lengket dan berbau dan sangat tidak higienis untuk menyuci pakaian apalagi untuk dikomsumsi untuk air minum. Kami juga disini untuk mendapatkan air bersih hanya mengandalkan air hujan yang kami tampung itupun hanya bertahan beberapa hari saja. Ucapnya.

Untuk kami berharap kepada Bapak Pj. Bupati Aceh Singkil atau melalui instansi terkait agar segera pada tahun ini untuk memperbaiki jaringan pipa tersebut dan segera mengalirkannya karena air bersih kebutuhan orang banyak. Harapya.

Disisi lain, Tokoh Pemuda – Pemudi Kampong Suka Damai Irfandi Syahputra mengatakan terkait dengan sarana air bersih dari dulu sangat didambakan oleh warga kami tapi sayangnya dari dulu hingga saat sekarang ini kami belum bisa menikmati sarana air bersih yang dikelola oleh instsnsi PDAM Tirta Singkil milik Pemda tersebut. Katanya.

Memang ada sumur bor didesa ini, akan tetapi tidak memadai untuk dipergunakan oleh semua masyarakat didesa ini kapasitasnya terbatas itupun kondisi airnya juga tidak layak untuk dikomsumsi airnya bercampur antara air asin dan tawar. Pada hal sebelumnya Pemerintah Desa Suka Damai sudah menyurati ke Pihak PDAM Tirta Singkil agar jaringan pipa untuk diperbaiki namun belum ada tanggapan. Apalagi Desa kami ini Desa penghujung yang terletak di dua perbatasan Kecamatan antara Kecamatan Singkil dengan Kecamatan Singkil Utara Ungkapnya.

Untuk itu, saya berharap kepada Pemda Kabupaten Aceh Singkil melalui instansi terkait agar segera memperbaiki jaringan pipa dan juga dapat mengalirkan dan langsung dapat dipergunakan oleh seluruh warga Aceh Singkil khususnya di Desa Suka Damai ini. Harapnya.

Secara terpisah, Ketua Komunitas Warga Aceh Singkil Lintas Sektor Generasi (Kowas – LSG) Dr. Syahyuril saat dikonfirmasi ketikberita.com lewat Via Whatsapps mengatakan Secara umum bahwa kebutuhan air bersih untuk masyarakat merupakan kebutuhan yang paling utama yang ketersediaaannya tidak bisa diabaikan. Pemerintah daerah berkewajiban untuk memenuhi kebutuhan itu. Ucapnya.

Jadi kalau selama ini kebutuhan itu tersalurkan dengan baik melalui jaringan PDAM, namun akhir-akhir ini terjadi kemacetan, maka Pemerintah melalui petugas PDAM harus segera mengatasi kemacetan itu dengan memperbaiki penyebab terjadinya masalah tersebut. Imbuhnya.

Jangan dibiarkan masyarakat terkendala dalam memenuhi kebutuhan air bersih dirumah tangganya, karena bisa menimbulkan dampak timbulnya berbagai penyakit dimasyarakat. Air bersih dibutuh bukan saja untuk konsumsi diminum dan untuk masak, tapi juga untuk mencuci diri atau mandi, mencuci pakaian, mencuci piring dan berbagai alat rumah tangga lainnya. pungkasnya.

Maka dari itu, Agar jaringan PDAM dapat terpelihara dengan baik tanpa merugikan masyarakat pengguna, maka harusnya Petugas PDAM melakukan maintenance secara berkala terhadap jaringan perpipaan di seluruh daerah yang sudah ada jaringan nya. (R84)