Hewan Ternak Sapi dan Kambing Berkeliaran Bebas Di Pekarangan Perkantoran Pemda Aceh Singkil

327

ACEH SINGKIL ketikberita.com | Terlihat sejumlah ternak sapi dan kambing terus saja berkeliaran di seluruh kantor-kantor SKPK di ruang lingkup Pemkab Aceh Singkil, yang tidak ada kontrol oleh instansi terkait. Hewan ternak kambing milik peliharaan warga, seperti dalam pantauan ketikberita.com hampir setiap hari itu berkeliaran dihalaman kantor baitul Mal Aceh Singkil jenis kambing untuk mencari rumput, Kamis (24/3/2022).

Saat dikonfirmasi, Salah satu ASN di sekretariat Baitul Mal Aceh Singkil yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan bahwa hewan ternak kambing itu sudah terbiasa berkeliaran di sekitar kantor kami tanpa ada penertiban dari dinas terkait.

Menurutnya, ternak sapi yang dibiarkan pemiliknya untuk berkeliaran itu telah berlangsung lama. Kambing yang berkeliaran bebas masuk di halaman kantor daerah sudah terus-terus, dan bukan hanya kali ini,” bukan itu saja hewan ternak ini juga meninggalkan kotoran di halaman teras kantor kami hal ini sangat menganggu pada hal dalam qanun Aceh singkil no 3 tahun 2004 telah diatur tentang pelarangan hewan ternak tapi belum sepenuhnya diterapkan oleh instansi terkait.

Musriadi juga menambahkan, keberadaan ternak yang berkeliaran mengancam nyawa para pegawai maupun warga yang hendak berurusan di kantor kami. Hal tersebut disebabkan karena ternak sapi selalu berkeliaran di jalan raya dengan menyebrang secara tiba-tiba. Ungkapnya. (R84)