Hendry CH Bangun Terpilih Jadi Ketua Umum PWI Pusat Periode 2023-2028

185

BANDUNG (Jabar) ketikberita.com | Melalui persaingan ketat dan setelah melewati proses pemilihan putaran ke dua hingga tengah malam, Hendry CH Bangun (foto) akhirnya berhasil terpilih menjadi Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat periode 2023-2028 hasil Kongres XXV PWI tahun 2023 di eL Hotel Bandung, Rabu (27/9/2023) siang.

Hendry CH Bangun berhasil unggul memperoleh 47 suara mengalahkan Atal S Depari dengan memperoleh 41 suara yang merupakan petahana (Ketua PWI Pusat periode 2018-2023). Pemilihan putaran ke dua dilakukan karena pada putaran pertama ke 3 calon tidak ada memperoleh suara 50 % + 1 dari jumlah 88 suara yang berhak memilih.

Pada putaran pertama, ke 3 calon yakni Atal S Depari hanya mendapat 40 suara, Hendry CH Bangun mendapat 39 suara sedangkan Zulmansyah Sekedang mendapat 9 suara. Karena dari 3 calon tidak ada mendapat suara 1/2 + 1 dari 88 jumlah suara, maka dilakukan pemilihan putaran ke dua setelah rapat diskor 15 menit.

Rapat dipimpin Lutfil Hakim (Ketua PWI Propinsi Jawa Timur) bersama Farianda Putra Sinik SE (Ketua PWI Sumut) dan Syamsir Hamejan (Sekretaris PWI Propinsi Maluku Utara).

Kongres XXV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berlangsung di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar) selama 2 hari, dari 25-26 September 2023. Kongres PWI tersebut dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Senin (25/9/2023).

Agenda Kongres PWI XXV ini mendengarkan laporan pertanggungjawaban yang disampaikan Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari. Adapun agenda utama pemilihan ketua umum yang diikuti 39 PWI Provinsi dari seluruh Indonesia.

Pada Kongres XXV PWI, muncul 3 calon Ketua Umum PWI Pusat yakni incumbent Atal S Depari sebagai pendaftar pertama, lalu Hendry CH Bangun (mantan anggota Dewan Pers) dan Zulmansyah (Ketua PWI Riau).

Pemilihan yang berlangsung cukup kondusif dan demokratis itu, diawali dengan pemaparan visi misi ke tiga calon.

Akhirnya Hendri CH Bangun terpilih sebagai Ketua PWI Pusat untuk periode 2023-2028.

“Alhamdulillah, Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh wartawan PWI di Indonesia. Ini sebuah tantangan yang besar untuk mewujudkan visi dan misi PWI ke depannya. Pemilihan yang berlangsung demokratis dapat dijadikan contoh sebuah demokrasi dan PWI sebagai rumah bersama, PWI harus semakin kompak dan solid,” jelas Hendry putra Karo ini. (r/jae)

 

Artikulli paraprakDeklarasi Pemilu Damai 2024 di Sumut, Pj Gubernur Hassanudin Sebut Potensi dan Pencegahan Kerawanan Pesta Demokrasi
Artikulli tjetërPolda Sumut bawa Syadika Korban Tabrak Lari ke RS Bhayangkara Medan