Hari Ini, Masyarakat Kampung Pemuka Gelar Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

447

ACEH SINGKIL ketikberita.com | Masyarakat Kampung Pemuka Kecamatan Singkil, pada hari ini gelar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, di Mesjid Al Amin Desa setempat. Sabtu, 8 Oktober 2022

Dalam amatan awak media, para tamu undangan dari Dua Desa yaitu Desa Suka Damai dan Desa Gosong Telaga Barat disambut dengan baik oleh panitia maulid nabi SAW, sebelum acara inti dimulai para tamu undangan di bidang dengan menu hidangan pagi makanan dan minuman. Dalam amatan media Kegiatan ini berjalan dengan aman, lancar dan sukses serta terkendali dengan baik sampai dengan berakhirnya acara.

Kemudian setelah itu, masuk pada acara inti yakni pembacaan shalawat Sarapal Anam yang dibaca oleh tamu undangan dimulai dari pagi pukul delapan pagi dan berakhir sampai pukul 12 siang. dan dibaca secara bersama – sama oleh tamu undangan.

Setelah selesainya kegiatan pembacaan shalawat para undangan dihidang lagi dengan menu makan siang dengan menggunakan dulang atau talam dengan berbagai macam jenis lauk pauknya, yang dipersiapkan oleh masyarakat Desa Pemuka. Kemudian setelah berakhirnya acara makan siang tamu undangan dihidang lagi dengan jadah atau jitak yang berisi berbagai macam jenis kue, yang nantinya akan dibawa pulang oleh tamu undangan sebagai tanda telah melaksanakan perayaan Maulid nabi, tradisi jitak atau jadah yang berasal masyarakat lae cinendang maupun lae soraya sudah ada dari zaman nenek moyang hingga sekarang tetap bertahan.

Selanjutnya, panitia acara perayaan Maulid Nabi sebelum berakhirnya acara mengatakan sangat berterima kasih sekali atas kehadiran para tamu undangan yang berkenan memeriahkan perayaan Maulid nabi di desa kami ini, mulai dari pembacaan shalawat sarafal anam sampai dengan selesai mudah – mudahan Allah SWT membalasnya.

Selanjutnya, sambutan dari tamu undangan dari dua Desa Baduaman mengucapkan banyak Terima kasih mulai dari pagi sampai siang kami dilayani dengan berbagai menu makanan dan minuman.

Jikalau ada tingkah laku kami selama acara berlangsung yang tidak berkenan dihati para panitia mohon diberi kemaafan mudah – mudahan kegiatan menjadi amal ibadah kita dan mendapat syafaat dari nabi Muhammad SAW di akhirat kelak.

Saya berharap kedepan acara tradisi maulid nabi terutama cara – cara atau pembacaan shalawat ini tetap dipertahankan diturunkan sampai ke anak cucu amin. Harapnya

Turut hadir dalam acara perayaan Maulid nabi Kepala Desa Pemuka beserta jajarannya, Perangkat Mesjid Desa Pemuka beserta jajarannya, Kepala Desa Suka Damai beserta perangkatnya, Imam Mesjid Suka Damai beserta jajarannya, dan Kepala Desa Gosong Telaga Barat atau yang mewakili beserta jajarannya serta undangan masyarakat dari Dua Desa Suka Damai Desa Gosong Telaga Barat. Turut hadir juga tamu dari unsur Kecamatan Singkil dan pihak media. (R84)