Harga dan Ketersediaan Bahan Kebutuhan Pokok yang Stabil Menjadi Harapan Pedagang Kepada Wali Kota Medan

152

MEDAN ketikberita.com | Kehadiran Wali Kota Medan Bobby Nasution di pasar Sukaramai jalan A.R Hakim, menaruh harapan tersendiri bagi para pedagang pasar. Pedagang berharap kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution agar harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok tetap stabil khususnya menjelang bulan suci Ramadhan.

Harapan tersebut disampaikan salah seorang pedagang pasar Sukaramai kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution ketika mengunjungi pasar tersebut, Jumat (17/3). Kunjungan Wali Kota Medan Bobby Nasution kepasar tersebut dalam rangka monitoring harga barang kebutuhan pokok.

Dalam kunjungannya Wali Kota Medan Bobby Nasution berbincang langsung dengan para pedagang mengenai harga bahan kebutuhan pokok saat ini. Salah satunya adalah Andi pedagang daging lembu. Kepada Wali Kota Medan Bobby Nasution, Andi mengatakan harga daging lembu saat ini Rp.130.000/ kg, harga tersebut relatif normal tidak ada kenaikan.

“Harga normal aja di harga Rp 130.000/kg, tidak ada kenaikan.”kata Andi.

Andi pun berharap kehadiran Wali Kota Medan Bobby Nasution di pasar Sukaramai ini dapat memonitor harga sehingga tidak ada kenaikan harga menjelang bulan suci Ramadhan.

“Saya berharap pak Wali Kota bisa menjaga harga dan juga ketersediaan barang kebutuhan pokok agar tetap stabil khususnya dalam menyambut bulan suci Ramadhan.”harapnya.

Selain kepada Andi, Wali Kota Medan Bobby Nasution juga menanyakan harga kepada Siti yang menjual cabai, bawang dan bahan kebutuhan pokok lainya. Siti menjelaskan harga cabai merah saat ini Rp. 28.000/kg, sedangkan cabai hijau Rp. 20.000/kg. Untuk bawang merah Rp. 28.000/kg, begitu juga dengan bawang putih Rp. 28.000/kg.

“Harga masih normal, gada kenaikan.”ungkapnya.

Selain itu harga daging ayam juga relatif masih normal diharga Rp.27.000/kg. Kenaikan harga hanya terjadi di telur ayam yang mengalami sedikit kenaikan dari harga Rp. 1.500 menjadi Rp. 1.750 serta harga beras yang juga mengalami kenaikan.

Wali Kota Medan Bobby Nasution disela-sela kunjunganya ke pasar Sukaramai mengatakan kenaikan harga beras ini sudah di ingatkan oleh Presiden RI Joko Widodo untuk terus dilakukan pemantauan. Untuk mengantisipasinya Pemko Medan telah berkolaborasi dengan Bulog untuk menyediakan BerasKita yang harganya relatif lebih murah.

“Kita sudah meminta kepada Bulog untuk menambah tonase Beraskita jadi 50 ton setiap harinya untuk mengantisipasi kenaikan harga menjelang bulan suci Ramadhan.”kata Wali Kota Medan.

Disamping itu Wali Kota Medan Bobby Nasution juga mengungkapkan telah mengambil langkah untuk mengantisipasi kenaikan harga kebutuhan bahan pokok tersebut dengan melakukan kerjasama dengan beberapa daerah.

“Kenaikan harga inikan biasanya berhubungan dengan ketersediaan bahan kebutuhan pokok itu sendiri, jadi kita sudah mengambil langkah dengan menjalin kerjasama dengan beberapa daerah, artinya apabila daerah A masih masa tanam, maka kita akan mengambil bahan kebutuhan pokok ke daerah B yang lagi panen.”ungkap Wali Kota Medan.

Sementara itu untuk mengantisipasi masalah kenaikan harga beras ini, PUD Pasar Kota Medan juga mengambil kebijakan dengan menggelar operasi pasar setiap harinya. Dalam operasi pasar tersebut, PUD Pasar Kota Medan menyediakan beras, minyak makan dan gula putih.

Dirut PUD Pasar Suwarno mengungkapkan beras, minyak makan dan gula putih ini dijual untuk menjaga stabilitas harga pangan. Adapun harga yang ditawarkan untuk beras ukuran 5 kg seharga Rp. 49.750, sementara minyak makan seharga Rp. 13.500/kg sedangkan gula putih seharga Rp. 13 500/kg.

“PUD Pasar memiliki peran penting dalam menjaga stabilitas harga pangan salah satunya dengan mengadakan operasi pasar ini setiap hari. Nanti di bulan Ramadhan kita juga akan mengadakan pasar murah di beberapa titik.”ujar Suwarno sembari berpesan kepada para pedagang agar jangan melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok.

Hadirnya operasi pasar murah yang digelar PUD Pasar Kota Medan ini memberikan manfaat bagi masyarakat. Salah satunya adalah Risna yang berbelanja beras, minyak makan dan gula putih. Risna mengaku sangat terbantu dengan adanya beras, minyak dan gula murah ini.

“Alhamdulillah sangat terbantu sekali, karena harganya murah, menolong masyarakat lah.”pungkas Risna yang juga mengaku harga bahan pokok lainya di pasar Sukaramai masih normal.

Dalam kunjungan Wali Kota Medan Bobby Nasution ke pasar Sukaramai ini juga turut dihadiri Kapolrestabes Medan Kombes Pol Valentino Alfa Tatareda, Dandim 0201/ Medan Kolonel Inf Ferry Muzawwad serta sejumlah pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Pemko Medan. (er)

Artikulli paraprakTerkait Sewa Murah Ruko di Jl Pandu Baru, Ketua Komisi III DPRD Segera Panggil PUD Pasar dan BPKAD
Artikulli tjetërDukung Peningkatan Kesadaran Masyarakat Tertib Lalu Lintas, Bobby Nasution Bagikan Leaflet & Helm