Hadiri Peringatan Hari Perpustakaan Nasional ke-42, Bupati Mohon Bantuan Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan di Nisbar

63

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Bupati Nias Barat Khenoki waruwu menghadiri acara Peringatan Hari Perpustakaan Nasional ke-42 tahun yang dilaksanakan di Ruang Teater Lt. 2 Gedung Perpustakaan Nasional RI Jl. Merdeka Selatan No. 11 Jakarta Pusat, Selasa (17/5).

Bupati Nias Barat yang diberi kesempatan untuk menyampaikan testimoni pada peringatan Hari Perpustakaan Nasional dimaksud, menyampaikan harapan supaya perpustakaan menjadi pintu dan jendela untuk mengetahui dunia secara luas.

“Kita sangat bangga dan berterima kasih pada hari ini dilaksanakan peringatan Hari Perpustakaan Nasional ke-42. Di usianya yang telah mencapai 42 tahun, kita berharap perpustakaan dapat menjadi pintu dan jendela untuk mengetahui dan melihat perkembangan yang terjadi di dunia terlebih-lebih Indonesia”, ujar Bupati Khenoki Waruwu.

Menurut informasi yang disampaikan secara tertulis oleh Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Rosedi Daeli, SE., M.M., kepada Tim Liputan Media Center, setelah Bupati Nias Barat menyampaikan testimoni dilaksanakan penyematan baju Adat Nias Barat berupa rompi adat Nias Barat kepada Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs Muhammad Syarif Bando, MM dan Deputy Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Drs. Deny Kusniadi, M.Hum serta selendang kepada Sekretaris Utama Perpusnas RI, Dra. Ofy Sofiana, M.Hum.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Perpusnas RI menyampaikan buku yang berjudul Impact Stories of Library Transformation Based On Social Inclusion kepada Bupati Nias Barat sembari berpesan supaya buku tersebut digantikan dengan Buku Profil Kabupaten Nias Barat terbaru oleh Bupati Nias Barat.

Di pengunjung acara Bupati Khenoki Waruwu menyerahkan Proposal Permohonan Bantuan Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan, Sarana TIK, Perabot Perpustakaan seperti Rak Buku, Meja Baca, Bantuan Buku, Mobil Perpustakaan Keliling, Motor Perpustakaan Keliling dan Pondok Baca Digital.

Untuk pembangunan Gedung, Bupati Nias Barat menginformasikan bahwa lahan seluas 2.500 meter persegi telah disediakan oleh Pemkab Nias Barat.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perpusnas RI memberikan petujuk kepada Deny Kusniadi, Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpusnas RI untuk ditindaklanjuti dan menyarankan supaya Pemkab Nias Barat mengusulkannya melalui Aplikasi Krisna.

Turut hadir mendampingi Bupati Nias Barat pada kegiatan tersebut antara lain Asisten Administrasi Umum Faigizatulo Halawa, S.Pd., MM, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Rosedi Daeli, SE ,MM, dan Kepala Bidang Perpustakaan Ermanrius Gulo, SH.,MM. (Wardiy)