Gubernur Edy Rahmayadi Lepas Keberangkatan 359 Jemaah Calon Haji Kloter I Asal Madina

137

MEDAN ketikberita.com | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi melepas keberangkatan jemaah calon haji Sumut Kloter I di Asrama Haji Medan, Jalan AH Nasution Medan, Selasa (23/5) malam. Sebanyak 359 orang jemaah asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) ini mendapat giliran pertama yang terbang ke Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMMA) Madinah.

Edy Rahmayadi berpesan kepada para jemaah Kloter I untuk tetap menjaga stamina dan kesehatan selama menunaikan ibadah haji. Sebagai tamu Allah, di Kota Mekah dan Madinah, Edy Rahmayadi meminta jemaah untuk tetap semangat memenuhi panggilan Allah SWT.

“Insya Allah, Allah akan berikan kemudahan dalam melaksanakan ibadah haji ini. Nikmati segala perjalanan ini, rintangan yang dihadapi merupakan ujian, namun tetap semangat dan jangan takabur. Selain itu jaga kesehatan,” ucap Edy Rahmayadi.

Hadir pada pada kegiatan itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumut Ahmad Qosbi, Kepala Kantor Agama Kabupaten/Kota, OPD Sumut, serta ratusan jemaah calon haji Kloter I asal Madina.

Kesempatan itu, Edy Rahmayadi juga meminta jemaah calon haji agar tidak lupa untuk mendoakan Sumut, agar sejahtera dan lebih bermartabat. “Selamat jalan dan doakan kami di sini, dan semoga pulang kembali ke tanah air menjadi haji yang mabrur,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumut Ahmad Qosbi mengatakan, tahun 2023 Sumut memperoleh kuota haji sebanyak 8.328 jemaah dan 400 jemaah di antaranya adalah lanjut usia (lansia), yang tertingi di umur 83 tahun.

 

“Motto haji kita di tahun 2023 ini adalah ramah lansia dan tahun ini merupakan yang terakhir. Tahun depan mungkin sudah tidak ada lagi,” katanya.

Dijelaskan Qosbi, untuk Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sumut sebanyak 66 orang yang akan melayani para jemaah haji di sana. “Petugas yang ikhlas melayani jemaah kita doakan mendapat pahala yang lebih dari Allah SWT,” katanya. (er)