Griya Jurnalistik Gelar Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar

85

SERANG (Banten) Ketikberita.com | Panitia Griya Jurnalistik Menggelar Acara Diklat Jurnalistik kepada wartawan, yang di ikuti oleh puluhan wartawan dari beberapa media online se Banten, Minggu, 25, Desember 2022, Taman bunga, Desa Silebu, kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang – Banten.

Diklat ini di harapkan dapat meningkatkan kemampuan para wartawan di dunia jurnalistik, Melalui Diklat jurnalistik kita wujudkan pers sebagai katalisator perubahan.

Diklat kali ini langsung dihadiri oleh tutor profesional yang telah berkecimpung di dunia jurnalistik sejak tahun 90.an yaitu H.Hairuljaman Hingga saat ini, masih bergabung dengan media online, beliau juga sedang mengelola situs berita online harianexpose.com sebagai pimpinan redaksi.

Dalam mukaddimahnya, yang biasa di sapa bang Heru ini menyampaikan dua syarat menulis serta motif yang melatarbelakangi profesinya sebagai penulis.

Syarat menulis itu ada dua, tahu dan berani, tahu kejadiannya dan berani menuliskannya. Kemudian, motif dan tujuan saya menulis adalah untuk membantu orang lain.

Selain itu, wartawan senior tersebut menambahkan, Wartawan itu bekerja sambil belajar, harus banyak baca, terus belajar, jangan sampai berhenti belajar agar tulisan kita itu semakin tajam.

Berita itu definisinya, fakta di lapangan yang terjadi yang kita lihat dan kita tulis harus memenuhi 5 W + 1 H, agar tidak masuk berita hoaks ujar Heru

Lanjut Heru sebagai Jurnalistik harus mencintai bahasa jurnalistik, agar bisa di pahami dan di mengerti pembaca.

Di akhir presentasinya heru mengatakan bahwa fungsi jurnalis yaitu
Pendidikan
Kontrol sosial
Memberikan pemberitahuan
Memberikan hiburan
Jangan sampai keluar dari fungsi jurnalis tersebut.

Selain H.Hairuljaman, Diklat jurnalistik dasar yang di selenggarakan di Taman bunga kragilan tersebut juga di hadiri dua pimpred media online yaitu Santi Indriyanti, sebagai pimpred kabarexpose.com dan juga yang biasa di sapa bang Rembo sebagai pimpred CITRA BANTEN bung.

Di akhir sesi diklat, moderator membuka sesi tanya jawab sekaligus mempersilakan kepada para peserta diklat yang ingin bertanya, dan Acara pun ditutup dengan sesi photo, dan Doa bersama. (Ipul)