Gerakan Aksi Kasih Resmi Diluncurkan, Guru Minggu Dapat Insentif Rp1,2 Juta Per Tahun

74

SERGAI (Sumut) ketikberita.com | Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai Pemkab Sergai)meluncurkan Gerakan Aksi Kasih (GAK) kepada guru sekolah minggu. Peluncuran ini dilakukan secara simbolis kepada lima guru dari gereja yang berbeda. Peluncuran dilakukan di Aula Sultan Serdang usai upacara Hari Kebangkitan Nasional, Kamis (20/5/2021).

Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya mengatakan tali asih diberikan sebayak Rp1,2 juta per tahun kepada 417 guru sekolah minggu. Dana ini, bersumber dari 2,5 persen TPP profesi guru dan insentif ASN tenaga kesehatan beragama Nasrani di Pemkab Sergai.

“Luar biasa, Gerakan Aksi Kasih (GAK) mampu mencapai Rp1,2 juta dan dibagi dalam 3 tahap. Jumlahnya lebih banyak dari bilal mayit,” ungkapnya meng apresiasi laporan Ketua Solidaritas Gerakan Aksi Kasih.

Darma mengucapkan rasa terima kasihnya kepada 2.011 ASN yang telah mendukung program bersama Wakil Bupati Adlin Tambunan demi mewujud kan Serdang Bedagai Maju Terus.

“Terima kasih kepada seluruh ASN yang telah memberikan 2,5 persen dari tunjangannya dan kita harap program ini akan semakin lebih baik ke depannya,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Gerakan Aksi Kasih, Fajar Simbolon mengungkapkan Serdang Bedagai memiliki 417 gereja dengan rincian 368 gereja Kristen Protestan dan 44 gereja Katolik.

“Sementara ini, kita baru bisa meng akomidir satu guru sekolah minggu dulu. Guru Minggu yang mendapatkan tali asih ini pun dipilih oleh pimpinan gereja bukan dari kami,” tambahnya.

Fajar yang juga merupakan Kepala Satuan Pamong Praja berharap program ini bisa berkembang lebih baik dan mampu mengakomodir beberapa guru sekolah mingga yang ada.

“Kalau lebih baik, bukan tidak mungkin guru-guru Minggu yang ada 2 atau 3 di setiap gereja kita berikan. Tapi, untuk sekarang satu dulu. Doakan saja,” pungkasnya.

Penyerahan simbolis ini turut disaksikan oleh Wakil Bupati Adlin Tambunan, Sekdakab Sergai Faisal Hasrimy, Kakankamenag, Kajari, Kepala BNN, perwakilan gereja, dan unsur Forkopimda lainnya. (AfGans)