Gelar Program Bertajuk Pajak Bertutur, Kepala Kanwil DJP Sumut I : Menciptakan Generasi Sadar Pajak

57

MEDAN ketikberita.com | Program bertajuk Pajak Bertutur (PATUR) tahun 2022 kembali digelar yang kali ini dilakukan secara Luring, Jumat (19/08/2022).

Kegiatan yang diinisiasi Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I (Kanwil DJP Sumut I), bekerjasama dengan Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia (WBI) dan mengundang tujuh tax center perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah kerja Kanwil DJP Sumut I.

Adapun ketujuh tax center tersebut adalah dari Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Pembangunan Pancabudi (Unpab), Universitas HKBP Nommensen Medan, Universitas Methodist Indonesia (UMI), Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah dan Politeknik Medan (Polmed).

Kegiatan yang berlangsung di auditorium Politeknik WBI ini, diikuti oleh lebih kurang 100 peserta yang terdiri dari para civitas perguruan tinggi, Ketua Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumut, Ketua ATPETSI Sumut, para Ketua Tax Center dan mahasiswa dan mahasiswi dari Politeknik WBI.

Dalam kegiatan ini selain diberikan materi kesadaran pajak bagi para mahasiswa, juga diberikan penghargaan kepada tax center yang menjadi mitra inklusi pajak, penghargaan kepada tax center yang telah berperan dalam menggaungkan Program Pengungkapan Sukarela (PPS), dan Relawan Pajak berprestasi.

Untuk kategori tax center sebagai Mitra Inklusi Kesadaran Pajak, apresiasi diberikan kepada Tax Center Universitas Sumatera Utara (USU), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Universitas Pembangunan Pancabudi (Unpab), Universitas HKBP Nommensen Medan, Universitas Methodist Indonesia (UMI), Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah, Politeknik WBI dan Politeknik Medan (Polmed).

Untuk kategori Tax Center sebagai Mitra Amplifikasi Publikasi PPS melalui Media Luar Ruang Terbaik diberikan kepada USU, kategori Tax Center sebagai Mitra Penyelenggara Penyuluhan PPS melalui Media Elektronik Radio Terbaik diberikan kepada UMSU, dan kategori Tax Center sebagai Mitra Amplifikasi Publikasi PPS melalui Media Sosial Terbaik diberikan kepada Politeknik WBI.

Lalu untuk kategori Relawan Pajak Berprestasi diberikan kepada Cici Halimah dari USU atas prestasinya menjadi Juara I Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Lingkungan LLDIKTI Wilayah I Tahun 2022, Gracia Virgin Zefanya Munthe dari USU atas prestasinya menjadi Juara I Lomba Karya Tulis Kanwil DJP Banten Tahun 2022, Pernando Hose Lumban Gaol dari Politeknik WBI atas prestasinya menjadi Peraih Medali Emas Olimpiade Matematika Institut Olimpiade Indonesia dan Mikhael Saor P Lumban Gaol dari Politeknik WBI atas prestasinya menjadi Delegasi Residensi Ministrial Meeting Bidang Kebudayaan pada perhelatan G20 Indonesia.

Semua penghargaan itu diberikan langsung oleh Kepala Kanwil DJP Sumatera Utara I Eddi Wahyudi. “Terimakasih kepada seluruh tax center yang telah menjadi mitra inklusi kesadaran pajak dan saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tax Center dan Relawan Pajak Berprestasi, ” ujar Eddi.

Eddi Wahyudi menyatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan generasi sadar pajak di masa yang akan datang.

“Sesuai dengan tema Pajak Bertutur tahun ini yaitu muda berkreasi, membangun negeri, maka kami berharap kegiatan ini dapat membentuk generasi muda yang kreatif dan sadar pajak,” ungkap Eddi dalam sambutannya.

Sementara itu sebagai informasi, kegiatan Pajak Bertutur merupakan kegiatan mengajar tentang kesadaran pajak pada seluruh jenjang pendidikan. Kegiatan ini merupakan salahsatu rangkaian dari Pekan Inklusi yang diprakarsai oleh DJP. Pajak Bertutur tahun 2022 ini diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia pada tanggal 18 Agustus 2022. (r/red)