Gebrakan Luar Biasa Bobby Nasution, Selain Tidak Terburu-buru, Tunjukkan Penyerapan Anggaran Baik

28

MEDAN ketikberita.com | Perbaikan infrastruktur, terutama jalan menjadi salah satu program prioritas Wali Kota Medan Bobby Nasution. Guna mempercepat pembenahan infrastruktur, orang nomor satu di Pemko Medan ini membuat gebrakan yang belum pernah dilakukan Wali Kota-Wali Kota sebelumnya. Menantu Presiden Joko Widodo ini melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di awal tahun anggaran, bukan di akhir anggaran seperti yang selama ini dilakukan.

Gebrakan yang dilakukan mengindikasikan Bobby Nasution merupakan Wali Kota pertama yang menjadikan pembangunan infrastruktur, terutama jalan bukan sebagai formalitas melainkan sebagai wujud keseriusan untuk mewujudkan keinginan masyarakat yang selama ini sangat menginginkan agar seluruh jalan di Kota Medan dalam kondisi baik. Apalagi ibu kota Provinsi Sumatera Utara ini sempat mendapat julukan kota sejuta lubang.

“Masalah infrastruktur ini menjadi salah satu program prioritas yang akan dituntaskan selama menjabat sebagai Wali Kota Medan. Oleh karena itu, kami percepat proses pengadaan, selain pembenahan infrastruktur. Ini demi mempercepat pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur untuk kenyamanan masyarakat Kota Medan,” kata Bobby Nasution baru-baru ini.

Keinginan Bobby Nasution langsung ditindaklanjuti Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan. OPD yang terkait dengan perbaikan infrastruktur. Di awal Tahun Anggaran 2022, tepatnya Triwulan I, Dinas PU telah melakukan sejumlah perbaikan jalan. Berdasarkan data yang disampaikan Dinas PU, tercatat 59 ruas jalan yang telah diperbaiki untuk Triwulan I dengan perincian total panjang jalan 32,83 Km dan luas 183,539 M2.

Gebrakan yang dilakukan Bobby Nasution dengan mempercepat pembangunan infrastruktur di awal tahun anggaran mendapat apresiasi dari dosen Administrasi Publik Fisipol Universitas Medan Area (UMA) Drs Bahrum Jamil MAP. Ia menilai langkah yang dilakukan Bobby Nasution sangat tepat, sebab pembangunan jalan bukan sebagai formalitas, melainkan sebagai wujud nyata dalam membenahi infrastruktur di Kota Medan.

“Saya kira ini merupakan gebrakan yang luar biasa. Berbeda dengan yang Wali Kota yang sebelum-sebelumnya, dimana pembenahan infrastruktur dilakukan di akhir tahun anggaran. Namun di masa kepemimpinan Bapak Bobby Nasution, beliau mampu melakukan pembangunan infrastruktur di awal tahun anggaran,” kata Bahrum.

Kinerja Wali Kota dalam melakukan pembenahan infrastruktur di Kota Medan, kata Bahrum, sudah membuahkan hasil. Terbukti, sejumlah ruas jalan di Kota Medan sudah diperbaiki di awal tahun 2022. Selain pengerjaan yang dilakukan tidak terburu-buru, juga menunjukkan penyerapan anggaran yang dilakukan sangat baik.

“Saya tentunya sangat mendukung langkah yang dilakukan Pak Wali ini. Beliau membuktikan kinerjanya melalui tercapainya target pada serapan anggaran pada awal tahun. Padahal selama ini diketahui, pekerjaan infrastruktur selalu dilakukan di akhir tahun. Apa yang dilakukan Pak Wali ini harus diapresiasi,” pungkasnya. (er)