Fenni Desnic Rita Zai Terpilih Sebagai Putri Pariwisata Nias Barat Tahun 2022

241

NIAS BARAT (Sumut) ketikberita.com | Setelah melalui proses dan tahapan Pemilihan Putri Pariwisata Kabupaten Nias Barat Tahun 2022, mulai tahapan seleksi awal, tahapan karantina dan grand final, Fenni Desnic Rita Zai akhirnya terpilih dan dinobatkan sebagai Putri Pariwisata Kabupaten Nias Barat Tahun 2022.

Lansir dari Niasbarat.co.id (14/08), Kadis Parbudpora menjelaskan bahwa beberapa aspek penilaian pada pemilihan putri pariwisata Kabupaten Nias Barat mencakup brain (kecerdasan), beauty (kecantikan), behaviour (sikap dan tata krama) dan brave (keberanian/ percaya diri. Dimana bobot penilaian para finalis telah dimulai sejak masa karantina dan terus berlanjut hingga babak grandfinal, yakni 60 persen penilaian dari tahap karantina dan 40 persen pada tahap grandfinal.

Adapun hadiah kepada Juara Pemilihan Putri Pariwisata yaitu, Juara I mendapatkan mahkota (crown), selempang, tropi, 1 unit sepeda motor dari Bupati Nias Barat dan uang pembinaan sebesar Rp. 7.000.000. Juara II (first runner up), mendapatkan selempang, tropi dan uang pembinaan sebesar 4.500.000. Juara III (second runner up), mendapatkan selempang, tropi dan uang pembinaan sebesar Rp. 2.500.000.

Sedangkan Putri Kategori Favorit dan Persahabatan masing-masing mendapatkan selempang dan uang pembinaan sebesar Rp.1.000.000, sementara untuk finalis lainnya yang tidak mendapatkan kejuaraan diberikan uang pembinaan masing-masing Rp. 500.000.

Para putri yang mendapatkan gelar berhak mengikuti ajang kompetisi Pemilihan Putri Pariwisata Provinsi Sumatera Utara atau ajang di tingkat yang lebih tinggi termasuk finalis dapat mengikuti event promosi pariwisata Kabupaten Nias Barat 2022 sesuai dengan agenda dan rekomendasi Disparbudpora Nias Barat.

Selain itu, finalis Putri Pariwisata mendapatkan rekomendasi beasiswa di Kampus Politeknik Pariwisata Medan atau di Universitas yang telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Nias Barat. (Wardiy)