Edy Rahmayadi : Peran Ibu Sangat Luar Biasa

190

MEDAN ketikberita.com | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengatakan peran ibu sangat luar biasa dalam segala hal, terutama dalam mendidik dan membawa keharmonisan dalam keluarga. Hal ini disampaikannya saat menghadiri Puncak Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-94 Tahun 2022 di Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (19/12).

Menurut Gubernur Edy Rahmayadi, hingga saat ini telah banyak kemajuan yang dirasakan perempuan, namun kesetaraan ideal yang dicita-citakan belum sepenuhnya tercapai. Salah satu hambatan terhadap peran perempuan dengan kaum pria adalah budaya di masyarakat.

Karena itu, melalui peringatan Hari Ibu tersebut, Edy Rahmayadi mengajak semua pihak, baik perempuan maupun laki-laki, untuk terus mendorong peran perempuan dalam segala bentuk dan sektor pembangunan.

Edy juga berpesan agar para ibu, terutama yang tergabung dalam organisasi DWP, tetap berkiprah dan berkarya mendampingi suami. Sehingga suami nyaman dalam melaksanakan aktivitas. “Ibu-ibu dukung suaminya, berikan kepercayaan dan jangan terlalu ikut campur yang bukan perannya,” katanya.

Sementara Ketua TP PKK Sumut Nawal Lubis mengatakan Peringatan Hari Ibu (PHI) ini menunjukan perjuangan kaum perempuan Indonesia yang telah menempuh perjuangan panjang, serta kedudukan dan perannya mendedikasikan dirinya untuk bangsa dan negara.

“Peringatan Hari Ibu sebagai bentuk mengenang, mengapresiasi, dan meneladani semangat perjuangan perempuan dari masa ke masa untuk memandirikan diri, perjuangan yang masih panjang dan harus terus dilanjutkan,” ajak Nawal Lubis.

Selain itu, di momen PHI tersebut, Nawal Lubis juga berharap dapat membawa pengaruh positif bagi peningkatan kualitas hidup, pemenuhan hak dan kemajuan kaum perempuan, sehingga mereka akan mampu meningkatkan kualitas hidupnya dan mengembangkan potensi dan kemampuan yang dimilikinya.

Pemprov Sumut juga melakukan berbagi kegiatan yakni pemberian bantuan sembako kepada anak-anak dengan HIV /AIDS (ADHA), pelaksanaan Talkshow ketahanan keluarga, pemberian bantuan ke panti sosial Cengkeh Turi Binjai dan ziarah ke taman makam pahlawan Medan.

Acara Puncak PHI ini ditutup dengan pembacaan sejarah PHI, pameran produk UMKM, fashion show dan pemotongan tumpeng oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Panca Putra Simanjuntak beserta ibu-Ibu Forkopimda yang hadir.

Turut hadir Plt Kepala Dinas Kominfo Sumut Ilyas S Sitorus, Kepala Perwakilan BI Sumut Doddy Zulverdi, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se – Sumut, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Sumut Dian Arief S Trinugroho beserta pengurus Organisasi Perempuan se-Sumut. (er)