Edy Rahmayadi: Antar dan Jemput Jemaah Haji Berpahala

49

MEDAN ketikberita.com | Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut kepulangan 393 jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) Pertama asal Sumut di Gedung Madinatul Hujjaz Asrama Haji Medan, Jalan Jenderal Abdul Harris Nasution Medan, Sabtu (23/7).

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Bupati Mandailingnatal Muhammad Jafar Sukhairi Nasution beserta Wakil Bupati Atika Azmi Utammi, Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis, Kadis Pendidikan Sumut Asren Nasution.

Gubernur Edy Rahmayadi dalam sambutannya mendoakan para jemaah yang telah tiba di Sumut menjadi haji mabrur. “Selamat datang dan terkhusus saudara saya yang sudah haji dan hajah, insya Allah, mabrur,” ujarnya.

Gubernur mengaku tidak mau menyiakan momen keberangkatan dan kepulanganan jemaah haji, menurutnya, kesempatan ini menjadi momen penting karena orang yang mengantar dan menjeput jemaah haji juga akan mendapatkan ganjaran pahala.

“Saya hadir ke sini juga tak mau rugi, kata guru ngaji saya, mengantar orang naik haji dan menjemput orang pulang haji, orang itu berpahala, kau juga berpahala,” ungkapnya dalam siaran rilis Diskominfo Sumut.

Gubernur merasa bersyukur, jemaah haji asal Sumut yang pulang dalam keadaan sehat dan berharap para hajah dan haji tetap menjaga diri, jaga kesehatan dan lakukan pemeriksaan. Sehingga potensi munculnya penyakit dapat segera dicegah.

“Kita bersyukur pada Allah, kita juga berterima kasih kepada petugas haji, para hajah dan haji kita sehat, saya melihat raut wajahnya segar tidak lelah dan setelah dilakukan pengecekan antigen semuanya negatif. Allhamdulliah dan Insya Allah, sisa dari sembilan kloter yang akan tiba pada 1 Agustus semua dalam keadaan sehat,” ucapnya.

Jamaah haji yang tiba pada kloter pertama ini antara lain berasal dari Kabupaten Mandailingnatal sebanyak 258 orang, Kabupaten Tapanuli Tengah 46 orang, Kota Medan 76 orang dan Kabupaten Serdang Bedagai 5 orang.

Di tempat yang sama, Bupati Madina, Muhammad Jafar Sukhairi Nasution juga mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas kepulangan jemaah haji Madina yang lengkap, 258 jemaah.

“Semoga mereka menjadi haji yang mabrur dan hajjah yang mabrurah serta menjadi teladan di tengah masyarakat Madina, ” ucapnya kepada wartawan.

Sementara Kakanwil Kemenag Sumut Abdul Amri Siregar mengatakan, Sumut tahun ini memberangkatkan 10 Kloter dengan total 3.798 jemaah. Dalam perjalanan haji di Mekah ada 3 orang jemaah haji yang meninggal yakni dua jemaah asal Kota Medan, Anisah Komis Purba dan Indra Sakti Lubis, serta satu orang jemaah asal Serdang Bedagai Erlina Ginting.

“Jadi hingga saat ini jumlah jemaah haji asal Sumut yang akan tiba hingga 1 Agusrtus 2022 berjumlah 3.795 jemaah,” sebutnya. (red)