Dukung Perekonomian, Ny Kahiyang Ayu Dorong Entrepreneur Muda Terus Berkreasi dan Berinovasi

100

MEDAN ketikberita.com | ketua Dekranasda Kota Medan Ny Kahiyang Ayu M Bobby Afif Nasution menghadiri Festival Kewirausahaan Periode IX tahun 2023 di Kampus Universitas Prima Indonesia (Unpri) Medan Jalan Sampul Medan, Sabtu (2/12). Kehadirannya sebagai bentuk dukungan bagi para entrepreneur muda untuk terus berkreasi dan berinovasi mendukung perekonomian Kota Medan.

Festival kewirausahaan yang digelar Fakultas Ekonomi Unpri ini menghadirkan berbagai kegiatan, di antaranya Business Plan Competition, The Grand Bazar, Creative Performance, Talk Show, Kuliah Umum dan Fun Games.

Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Kadis Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Kota Medan mengatakan, banyak sudah yang dilakukan Wali Kota bersama Ketua Dekranasda Kota Medan guna memajukan UMKM di Kota Medan. Bahkan, imbuhnya, penanganan UMKM menjadi salah satu program prioritas orang nomor satu di Pemko Medan tersebut.

Dinas Koperasi UKM dan Perindag, kata Benny, telah melakukan pembinaan agar pelaku UMKM dapat mengekspor hasil produknya ke sejumlah negara. Alhamdulillah, ungkapnya, pelaku UMKM sudah mengekspor produknya ke lima sampai tujuh negara.

“Salah satunya yang diekspor adalah wastra (kain ulos) yang ditenun oleh pelaku UMKM di Kota Medan. Wastra tersebut sudah dikirim ke Jerman, Jamaika, Spanyol dan beberapa negara lainnya,” papar Benny

Selain itu, bilang Benny, Dinas Koperasi UKM Perindag juga telah menseleksi produk unggulan layak ekspor. Lalu, imbuhnya, menggelar Focus Group Discussion (FGD) antar pelaku usaha di Kota Medan.

Selanjutnya, kata Benny, Wali Kota berharap kepada para mahasiswa tidak hanya fokus menjadi seorang PNS, tetapi juga harus bisa menjadi seorang entrepreneur. Sebab, entrepreneur muda sangat menentukan masa depan bangsa Indonesia ke depannya.

Apalagi, ungkap Benny, Indonesia di tahun 2045 akan menjadi negara dengan perekonomian terkuat nomor empat di dunia. Oleh karenanya para entrepreneur muda diharapkan dapat memberikan inovasi terbaiknya, khususnya untuk Kota Medan

“Dengan semangat mahasiswa menjadi entrepreneur muda, insya Allah akan mendukung menjadikan Indonesia dengan perekonomian terbaik nomor empat dunia di tahun 2045,” harapnya.

Di kesempatan tersebut, Ny Kahiyang Ayu didampingi Kadis Koperasi UKM Perindag dan Wakil Ketua Dekranasda Kota Medan Ny Ismiralda Wiriya Alrahman, menyaksikan penandatanganan MoU tentang kewirausahaan oleh Rektor Unpri Prof Dr Chrismis Novalinda Ginting MKes dengan perwakilan mitra yakni Bank Mandiri, Perum Bulog, PT Japfa, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sabang (STIES) Banda Aceh. Setelah itu Ny Kahiyang meninjau stand UMKM. (red)