Drs. Syarmadani, M.Si Resmi Dilantik Gubsu Menjadi Pj. Walikota Tebing Tinggi Masa Jabatan 2023 – 2024

262

TEBING TINGGI (Sumut) ketikberita.com | Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edi Rahmayadi secara resmi melantik Penjabat (Pj) Walikota Tebingtinggi untuk masa jabatan 2023-2024. Acara pelantikan tersebut digelar pada Rabu (24/5/2023) pagi, sekitar pukul 08.30 WIB, bertempat Aula Tengku Rizal Nurdin, Jalan Jenderal Sudirman No. 41, Kota Medan.

Hadir dalam acara tersebut yakni Wakapolda Sumut Brigjen Drs. Jawari, S.H, M.H, Pangdam I/BB yang diwakili oleh Kolonel Jerry, Ketua DPRD Sumut yang diwakili oleh Anggota DPRD Delpin Barus. Berikutnya dari Kota Tebingtinggi turut hadir Kapolres AKBP Andreas Luhut Jaya Tampubolon, S.IK, M.K.P, Dandim 0204/DS Letkol Czi Yoga Febrianto S.H, M.Si, Ketua DPRD Basyaruddin Nasution, S.H, M.H, Kajari Sundoro Adi, S.H, M.H, Ketua Pengadilan Agama Ridwan Harahap, S.H, M.H serta mantan Pj. Walikota Muhammad Dimiyathi S.Sos, M.TP dan para Kepala OPD se-kota Tebingtinggi.

Adapun acara pelantikan ini digelar Gubsu Edi Rahmayadi dengan tujuan untuk pengambilan sumpah tugas dan jabatan pada Drs. Syarmadani, M.Si sebagai Pj. Walikota Tebingtinggi yang baru untuk menggantikan Pj. Walikota sebelumnya Muhammad Dimiyathi, S.Sos, M.TP.

Ini dilakukan berdasarkan adanya surat keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor : 100.2.1.3-1177 tahun 2023 tentang pemberhentian dan pengangkatan Penjabat Walikota Tebingtinggi Provinsi Sumut untuk masa jabatan 2023 – 2024 (satu tahun kedepan).

Kegiatan pelantikan itu diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan SK Menteri Dalam Negeri sekaligus melantik Drs. Syarmadani serta mengambil sumpah jabatannya dan penanda tanganan fakta integritas, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan pangkat jabatan yang di ikuti dengan penyerahan petikan Surat Keputusan (SK) dari Mendagri sebagai Pj. Walikota Tebingtinggi.

Selanjutnya, usai melantik dan mengambil sumpah Pj. Walikota Tebingtinggi yang baru, Gubsu Edi Rahmayadi dalam amanat dan sambutannya mengatakan baha hari ini kita telah menjadi saksi bahwa ada pejabat baru di Provinsi Sumut sebagai kepala daerah di Kota Tebingtinggi.

”Sumpah jabatan sudah jelas diucapkan, hal ini harus kita pertanggungjawabkan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan kepada seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kota Tebingtinggi,” kata Gubsu.

Masih kata Edi, dalam hal mengelola pemerintahan tidak semudah yang dibayangkan, karena kita harus dapat memberikan yang terbaik kepada seluruh elemen masyarakat. Dimana dalam mengelola pemerintahan itu ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, salah satunya pengelolaan keuangan yang jangan sampai disalahgunakan, ujarnya.

Dilanjut Gubsu bahwa pejabat yang diatas 6 (enam) bulan seyogyanya harus dipilih oleh rakyat, namun dikarenakan situasional maka pemerintah mengambil kebijakan untuk menunjuk kepala daerah dan hal ini perlu kita pahami.

”Saya selaku Gubernur mengatakan bahwa Kota Tebingtinggi merupakan wilayah teritorial dari Provinsi Sumatera Utara, karena itu saya tidak mau berpolemik, namun apabila tidak menjalankan tugas dengan baik maka saya akan melakukan sesuatu sesuai dengan kekuasaan saya,” ungkap Edi.

Ia juga berpesan kepada Forkopimda agar memberikan masukan yang baik kepada pimpinan yang baru, bantu pejabat baru untuk membawa Kota Tebingtinggi menjadi lebih baik lagi kedepannya, pintanya.

Edi juga berpesan kepada Pj. Walikota Tebingtinggi yang baru agar mampu menyesuaikan diri dengan Kota Tebingtinggi, seperti kata pepatah yang berbunyi ”dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung,” oleh karena itu berpegang teguh terhadap kebenaran dalam mengambil sikap dan keputusan, semua hal ada aturan mainnya dan jangan pernah menantang aturan atau mensiasati aturan dalam melaksanakan tugas pokok sebagai pemimpin, pesannya.

Terakhir, sebagai Pj. Walikota jadilah pemersatu anak bangsa di Kota Tebingtinggi, dimana disana banyak macam agama dan suku bangsa maka anda harus mampu memahami juga berlaku adil kepada masyarakat dan ingatlah bahwa sebagai ASN, jangan coba-coba menjalani politik praktis, pungkas Gubsu Edi Rahmayadi menyudahi amanatnya.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Pj. Walikota Tebingtinggi berlangsung aman dan kondusif, Akhir acara ditandai dengan sesi foto bersama dangan para tamu undangan. (ar)