DPP KSMN Terima Aduan Masyarakat Terkait Limbah PT KKM Di Tg. Morawa Cemari Lingkungan

279

DELI SERDANG (Sumut) ketikberita.com | Dewan Pimpinan Pusat kepedulian sosial masyarakat Nusantara (KSMN) yang dipimpin oleh ketua umum Zulhamri mendapatkan laporan dari team investigasi DPP KSMN SUMUT terkait aduan masyarakat, atas nama Effendi alias pepen, yang mana PT KREASI KOTAK MEGAH yang beralamat di Jalan Sultan Serdang Gang Harapan Desa Buntu Bedimbar Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, telah melakukan pencemaran lingkungan di seputaran anak sungai di Desa Buntu Bedimbar pada tanggal 01 April 2021 Jam 22:10 Wib.

Kepada ketikberita.com ketua Dewan pimpinan pusat kepedulian sosial masyarakat Nusantara (KSMN) Zulhamri mengatakan, “Kami telah menurunkan Tim didampingi masyarakat telah meninjau kelokasi, dari hasil pantauan di lokasi Perusahaan yang bergerak dibidang daur ulang karton bekas tersebut, benar telah telah melakukan pencemaran lingkungan di anak sungai (tali air) di Desa Desa Buntu bedimbar tak jauh dari Perusahaan tersebut.”Ucap Zulhamri, Rabu (14/04/2021).

“Sisa hasil produksi atau limbah dari PT. KREASI KOTAK MEGAH yang beralamat di Jalan Sultan Serdang Gang Harapan Desa Buntu Bedimbar Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang, berupa endapan yang menimbulkan bau yang sangat menyengat dan berwarna hitam pekat di buang ke aliran anak sungai di samping Perusahaan.”jelasnya.

“Team Investigasi DPP KSMN SUMUT di lokasi juga mendapati bahwasanya kolam ikan yang berada di Gang Madrasah Desa Telaga Sari menjadi tercemar, akibatnya ternak ikan yang ia kelola banyak yang mati diakibatkan dari limbah perusahaan tersebut.”Pungkasnya.

“Dari hasil investigasi tim di lapangan, Perusahaan PT. KREASI KOTAK MEGAH, indikasi dugaan telah membuang limbah cair dan berbahaya sembarangan tanpa ada proses regulasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang sesuai dengan uu no 32 tahun 2009 dan tentang analisis dampak lingkungan hidup.

Diharap Kementrian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, Dinas Lingkungan hidup Provinsi dan Gubernur Sumatra Utara untuk melakukan peninjauan ke Perusahaan tersebut.”tutup ketua KSMN Zulhamri. (Benny)