Dompet Dhuafa Bantu Penyisiran Wilayah Terdampak Gempa Bumi Turki

214

HATAY, TURKEY ketikberita.com | Dompet Dhuafa melalui Disaster Management Center (DMC) turut tergabung dalam Tim Indonesia Search and Rescue (INASAR) dan menyisir lokasi reruntuhan gempa di Turki.

(Selasa, 14/02/2023) waktu setempat, ditemani dengan Narwan selaku Manager Response-Recovery DMC Dompet Dhuafa dan dr. Sjarif Darmawan, Sp.B yang merupakan seorang dokter spesialis bedah RS. Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa.

“Proses evakuasi korban gempa Turki siang ini ditemukan 5 korban meninggal dunia. Lokasinya di Çekmece, Distrik Antakya, Provinsi Hatay, Turki,” terang Narwan melapor dari lokasi.

“Kita menyusuri lokasi-lokasi terdampak bencana. Namun kendala terbesar yakni cuaca yang dingin,” sambung Narwan.

Mereka menyusuri reruntuhan puing-puing gedung yang hancur akibat gempa bersama tim INASAR.

Teşekkür ederim atau yang berarti terima kasih, itu yang selalu diucapkan oleh keluarga korban yang masih hidup kepada relawan Indonesia di lapangan membantu menemukan korban dan menjalankan proses evakuasi.

Dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap juga menggunakan jaket dan penghangat tubuh, mereka memantau dan menyisir tempat terdampak.

Korban tewas akibat gempa bumi melewati 37.000 jiwa. Sebanyak 31.643 jiwa meninggal di Turki, sementara lebih dari 5.800 jiwa tewas di Suriah.

“Dompet Dhuafa akan turut bantu dalam aksi SAR-Evakuasi dan distribusi logistik,” lanjut Narwan.

“Saat ini, Indonesia dipercaya memimpin SAR International gabungan di sini, itu bergantian selama tujuh hari. Ya, evakuasi akan terus dilakukan, hingga kemarin pun masih ditemukan korban selamat, salah satunya ada ibu hamil,” sebut Narwan.

Melihat kebutuhan bantuan tenaga tambahan, DMC Dompet Dhuafa akan segera berangkatkan tim tambahan yang terdiri dari SAR-Evakuasi dan juga jurnalis.

“Rencana akan segera kami kirimkan tim tambahan guna bantu percepatan penanganan respons gempa bumi Turki-Suriah. Mohon doa dan dukungannya,” terang Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa.

Sebelumnya Dompet Dhuafa mengirimkan bantuan Food Package di Distrik Antakya dan Distrik Kirikhan sebanyak 200 paket. Kawan Baik, Dompet Dhuafa penyintas gempa bumi Turki-Suriah masih membutuhkan uluran tangan kebaikan. Mari rapatkan barisan dan perkuat solidaritas dalam membantu saudara-saudara kita di Turki-Suriah. Kawan baik dapat mengirimkan bantuan dan doa melalui laman berikut https://digital.dompetdhuafa.org/donasi/gempaturki . Saatnya dunia Berdaya Hadapi Bencana. (r/red)

 

Artikulli paraprakKetua DPRD Medan Apresiasi Kegiatan Makan Bersama Lansia, Hasyim SE : Ini Langka Karena Jarang Dilakukan
Artikulli tjetërHendra DS Harap APBD Kota Medan TA 2023 Benar-Benar Diperuntukkan Bagi Kepentingan Rakyat